Lima TBM di Padang Panjang jadi Pilot Project untuk Hasilkan Karya Berkualitas

PENDIDIKAN-127 hit

PADANG PANJANG - Terus mengembangkan minat baca masyarakat, Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan memberikan pilot project kepada lima TBM dengan kegiatan yang berbeda-beda, diantaranya TBM Sahabat Bukit Tui, Gumala Kreatif, Makrame Kreatif, Ransam Saiyo dan TBM Padang Kelok.

Taman Baca Masyarakat (TBM) Barbasis Inklusi Sosial yang dicetuskan Dinas Perpustakaan diharapkan langsung memiliki dampak ekonomi sosial bagi masyarakat.

"Artinya, selain menumbuhkan minat baca masyarakat, TBM-TBM ini memiliki keunggulan melalui kegiatan-kegiatan bermanfaat yang nantinya masyarakat dan kaum muda dapat merasakan sendiri manfaatnya," jelas Ketua TBM Yandri kepada Kominfo saat ditemui di TBM Makrame Kreatif, kemarin Selasa (15/9).

Dijelaskannya, kepada Kominfo bahwasanya lima TBM yang diberikan kesempatan tersebut memiliki keunikan sendiri seperti TBM Sahabat Bukit Tui dengan membuat kerajinan dari bahan bekas, Gumala Kreatif dengan aktivitas membatik, Makrame Kreatif dengan rajutan, Padang Kelok dengan Desain Model membuat baju, dan di Ransam Saiyo dengan produk makanan.

Kegiatan yang dilakukan ini diharapkan nantinya memberikan contoh dan semangat serta dorongan kepada TBM-TBM yang lainnya.

Selain itu, TBM tersebut juga mengembangkan nilai seni dan budaya seperti kegiatan menari, randai, mendongeng, permainan tradisional dan lain sebagainya.

Dengan adanya TBM ini masyarakat dan kaum muda nantinya dapat mengikuti pelatihan-pelatihan seperti membranding produk jualannya, memfoto hasil jualannya, dan kedepan produk yang di branding dan di foto tersebut bisa memiliki nilai jual seperti yang dilakukan di TBM Makrame Kreatif sekarang ini. (RelKom/cg/Lex)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru