Begini Strategi Pemko Padang Kembangkan Kawasan Wisata Pantai Air Manis

PARIWISATA-257 hit

PADANG - Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa, membeberkan beberapa upaya dan strategi pengembangan destinasi wisata Pantai Air Manis ke depan.

Hal itu disampaikan wawako sewaktu didapuk menjadi narasumber sekaligus membuka acara Focus Group Discussions (FGD) membahas tentang Strategi Pengembangan Pantai Air Manis melalui 'zoom meeting', Rabu (16/9/2020).

Kegiatan ini juga menghadirkan beberapa narasumber lainnya dengan diikuti Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian serta para kalangan akademisi, pengamat dan pelaku wisata di Kota Padang.

Hendri Septa menyebut, sebagai bahagian dari rencana Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Kota Padang, kawasan wisata Pantai Air Manis sejatinya memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Di samping keindahan pantainya juga memiliki 'histori' yang melegenda dengan cerita Batu Malin Kundang yang sudah dikenal seantero negeri ini.

"Jadi maka untuk itu, potensi-potensi yang kita harapkan nantinya dalam pengembangan objek wisata Pantai Air Manis yaitu bagaimana mengembangkan wisata alam buatan. Yaitu bagaimana kita membuat suatu tempat kunjungan yang tak hanya murni dari wisata alam, tapi juga untuk mendatangkan hal-hal yang menyebabkan wisatawan menjadi nyaman dan senang berwisata di sana," beber Hendri dari kediaman resminya.

Adapun beberapa upaya yang dilakukan ke depan jelas Hendri, seperti sebelum masuk gerbang Pantai Air Manis akan membuat tempat piknik yang mana pengunjung bisa melakukan kegiatan kebersamaan. Ia mengungkapkan, sebelumnya Pantai Air Manis dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang dan sekarang hampir jalan enam bulan sudah diserahkan dan dikelola oleh kepada Perusda Padang Sejahtera Mandiri.

"Alhamdulillah, sejauh ini cukup banyak yang diupayakan pihak Perusda PSM untuk pengembangan kawasan wisata Pantai Air Manis. Seperti memperluas tempat parkir, mempercantik kawasan wisata tersebut disertai penyediaan berbagai wahana bermain bagi pengunjung. Kita juga berharap, ke depan bisa memajukan sentra kuliner di sana dengan membuat variasi atau makanan yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Sehingga ini bisa menambah daya tarik wisatawan berkunjung," harapnya.

Wawako menambahkan lagi, untuk kawasan kuliner di Pantai Air Manis ia menginginkan bisa dibuat ke depan di area setelah gerbang pintu masuk. Sehingga demikian, untuk area pinggir pantai nanti akan dibebaskan dari pedagang dan yang lainnya agar pengunjung bisa bebas dan nyaman melihat keindahan pantai secara luas.

"Saya sudah bicarakan rencana pengembangan objek wisata Pantai Air Manis ini dengan Dirut Perusda Sejahtera Mandiri. Yaitu bagaimana membuatkan segala potensi yang ada dengan memadukan dan menyajikan wisata kuliner, wisata budaya dan wisata bahari itu menjadi satu di dalam pengelolaan objek wisata unggulan di Kota Padang tersebut. Termasuk kita juga akan mengoptimalkan pulau-pulau kecil yang ada di sana," tambah dia.

"Maka itu kita tentu berharap, semua pihak dan stakeholder terkait terutama masyarakat saling bersinergi memajukan objek wisata Pantai Air Manis ini atau pun objek wisata lainnya yang ada di Kota Padang. Semoga melalui FGD kali ini akan memperkuat upaya itu semua. Mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan kita bisa melakukan upaya-upaya dalam memajukan sektor pariwisata di Kota Padang," pungkas wawako mengakhiri.(David)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru