PT Bukit Asam Berikan Pelatihan Manajemen Keuangan Bagi UMKM Sawahlunto

EKONOMI-868 hit

Penulis: iyos | Editor: Marjeni Rokcalva

SAWAHLUNTO - Dukung pertumbuhan ekonomi UMKM dimasa COVID-19, PT Bukit Asam Tbk berikan pelatihan manajemen keuangan dan solusi pembayaran pinjaman kemitraan yang disalurkan korporasi bergerak di core business batubara tersebut, dengan peserta 30 pengusaha mikro.

Kegiatan itu dilaksanakan Bagian Corporate Social Responsibility ( CSR) Bukit Asam yang dihadiri General Manager PT BA UPO Yulfaizon, Asmen Bina Mitra Mustafa Kamal, dan Asmen Administrasi Kepagawaian Umum dan Keuangan Alman Syarif, diruang pertemuan lantai II Kantor UPO Sawahlunto, Rabu (16/9/20), ditengah kondisi global pandemi COVID-19 yang terus menggerogoti usaha perekonomian masyarakat sekarang ini.

Asmen CSR Bukit Asam Mustafa Kamal mengungkapkan kegiatan ini sudah direncanakan sejak 3 bulan silam dan bertujuan untuk menyentuh kembali para mitra CSR PT BA dalam mengembangkan sektor industrinya lebih berkembang dan mampu menyerap tenaga kerja ditengah pandemi COVID-19 saat ini.

Baca Juga


Dikatakan dia, peserta terdiri dari mitra binaan yang menggeluti berbagai bidang usaha, baik usaha yang sudah dirintis sejak 1998 dengan memperoleh pinjaman PUKK dimasa silam, maupun para pengusaha pemula yang baru merintis usahanya disektor mikro.

"Kami hanya melakukan pembinaan untuk tujuan bagaimana meningkatkan perekonomian usaha masyarakat yang jadi mitra CSR PT BA, selain bagaimana menambah omset dan peningkatan produktifitas nilai usaha mitra disektor mikro. Terkait pembayaran cicilan pinjaman PUKK, perusahaan akan memberikan berbagi keringanan dalam melunasi pinjaman dana kemitraannya." Ungkap Mustafa Kamal.

Sementara, GM UPO Yulfaizon mengapresiasi kegiatan CSR ini, dikatakannya, dengan adanya program ini akan melahirkan para pengusaha baru dalam rangka memperkuat struktur ekonomi masyarakat Sawahlunto. Dengan demikian, sebut dia, peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik sehingga bermanfaat untuk keberlangsungan usaha mitra binaan.

"Tidak banyak BUMN yang melakukan kegiatan seperti Bukit Asam. Khusus untuk masyarakat Sawahlunto, ini adalah sebuah kesempatan yang dapat dimanfaatkan untuk kemajuan dalam penguatan ekonomi para mitra binaan CSR PT Bukit Asam, sehingga ditengah kondisi COVID-19 ini ekonomi masyarakat Sawahlunto bisa tumbuh dan berkembang. Apalagi, saya sebagai putra daerah asli Sawahlunto punya tanggung jawab dan kewajiban terhadap ini." Ungkap Yulfaizon, menginspirasi.

Dalam acara tersebut, perusahaan pelat merah yang berkantor pusat di Tanjung Enim tersebut menyerahkan satu unit vacum electric untuk memproses pembuatan gula semut atau gula aren serbuk yang sedang dikembangkan kelompok usaha Berkah Abadi Desa Lumindai kepada Ketua Kelompok Ronaldo.

Roynaldo, kepada beritaminang.com mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PTBA peduli yang telah membantu pertumbuhan usahanya memproduksi gula semut aren dengan memberikan vacum electric pemroses produksi gula semut.

"Terima kasih, kami bangga keberadaan PT BA UPO ditengah kondisi saat ini sangat membantu usaha kami. Insya Allah, pelatihan dan motivasi yang diberikan dapat menyemangati kelompok usaha saya dan pengusaha kecil lainnya di Sawahlunto." Ungkapnya. (iyos)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru