Lonjakan Positif Covid-19 Tinggi di Sawahlunto, 501 Warga Jalani Tes Swab

KESEHATAN-604 hit

SAWAHLUNTO - Tingginya lonjakan penyebaran corona virus COVID-19 di Kota Sawahlunto membuat Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 terus bekerja ekstra untuk memutus mata rantai penyebarannya dengan melakukan tracking terhadap 501 warga yang kontak erat dengan pengidap positif COVID-19 sebelumnya.

Sekretaris Gugus Tugas COVID-119 yang juga Kepala BPBD Sawahlunto Adri Yusman, kepada beritaminang.com Selasa petang (15/9/20) mengatakan, hasil tracking dari klaster BNNK, Bank Nagari, dan klaster keluarga yang berhasil dikumpulkan untuk swab test Senin kemarin berjumlah 226 orang, dan hari ini bertambah lagi sebanyak 275 orang.

Angka tersebut diatas belum secara keseluruhan, karena masih ada penambanhan yang harus di tracking lagi. Dengan merebaknya kontak erat dengan warga terkonfirmasi sebelumnya, Adri Yusman minta masyarakat turut mendukung tim gugus COVID-19 dalam melakukan tugas dilapangan, jangan ada yang menantang dan menolak karena tim bekerja untuk menyelamatkan jiwa masyarakat dari virus mematikan ini.

Dengan banyaknya hasil tracking tersebut membuat petugas dilapangan kewalahan dan kecapean, namun dengan tekad ingin memutus mata rantai penularan COVID-19 ini, para petugas dilapangan harus menerima tantangan cukup berat karena adanya kekurang pahaman masyarakat dalam operasi tracking.

Masyarakat tidak serta merta mau dijemput untuk mengikuti prosedur protokol kesehatan agar segera di swab dengan alasan tidak bermasalah dengan kesehatannya, bahkan ada yang menolak dan menantang petugas, kendati demikian, setelah diberi penjelasan dan pandangan terhadap bahaya yang akan timbul dibelakang hari akhirnya warta tersebut bersedia untuk di swab test di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah ( BDTBT) Sei Durian.

"Kami minta bagi warga yang kontak erat dengan klaster penyebaran untuk taat terhadap protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penularan COVID-19, mohon dipahami kehadiran petugas dilapangan hanya 9ngin menyelamatkan jiwa yang sempat kontak erat dengan pengidap positif COVID-19." Kata Adri Yusman.

Perda AKB Pencegahan Dan Pengendalian COVID-19

Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang juga Kapolres Sawahlunto AKBP Junaidi Nur siang tadi mengatakan, institusinya sebagai bagian dari gugus tugas siap melaksanakan penindakan bagi pelanggar Perda Adanya di Kebiasaan Baru (AKB) tersebut.

"Kami siap melakukan penindakan sesuai payung hukum Perda AKB Pencegahan Dan Pengendalian COVID-19 ini. Namun untuk saat ini kami hanya melakukan sosialisasi secara gencar dalam beberapa hari kedepab bersama Tim Gugus Tugas COVID-19. Jika sudah saatnya Perda AKB ini diberlakukan maka seratus persen upaya penindakan akan dilaksanakan." Tegas dia.

Sementara itu, Anggota Posko COVID-19 Sri Waresky Ismal dan Ana Mulya Cahya melaporkan resmi kondisi data terkini (15/9) pemantauan corona virus sebagai berikut, jumlah PPT 7 orang, suspek nol, positif nol, sembuh nol, sembuh atau keluar Suspek nol. Sedangkan secara kumulatif terpantau jumlah data PPT 3668

Orang, suspek 5 orang, positif 70 orang, di isolasi di RS M Jamil Padang 1 orang, dan RS Unand Padang 1 orang, sedangkan yang di karantina di BDTBT sebanyak 27 orang, karantina mandiri dirumah 9 orang, serta meninggal 1 orang, dan warga yang sembuh berjumlah 31 orang. (Iyos)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru