SMAN 2 Solsel Siapkan Kelengkapan untuk Akreditasi Sekolah

PENDIDIKAN-218 hit

PADANG ARO - Guna menentukan tingkat kelayakan sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan untuk mengetahui kinerja sekolah, maka SMA Negeri 2 Solsel di Bidar Alam Kecamatan Sangir Jujuan saat ini tengah mempersiapkan diri untuk di nilai tim asesor guna menentukan Akreditasi sekolah.

" Benar, saat ini kami tengah mempersiapkan bahan atau dokumen untuk Akreditasi sekolah, " kata Kepala SMA N. 2 Solsel, Sukamto, Kamis (10/9/2020).

Ada beberapa poin penting atau dokumen pokok yang akan diperlukan untuk akreditasi itu, dan meski kita persiapkan sedemikian rupa.

Sehingga saat turun tim Badan Akreditasi Provinsi (BAP) semuanya sudah bisa mewujudkan harapan sekolah ter-Akreditasi A, " tambah Sukamto.

Tim yang terlibat menyusun dokumen untuk akreditasi itu diantaranya, Waka Kurikulum, Zainal Abidin, Waka Kesiswaan Dodi Andespa, Waka Sapras dan Humas, Muhridal serta seluruh guru dan pegawai di sekolah, " ungkap Sukamto.

Dijelaskannya, akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah.

Sekolah yang terletak di pusat ibu kota PDRI tersebut ada, sesuai SK pendirian bernomor 0283/0/1991 dengan tanggal SK pendirian 2015-09-18 yang terletak dilahan seluas 3 hektar persegi dan sudah bersertifikat, " tambah Sukamto.

Sukamto berharap, Akreditasi nanti tentu akan menghasilkan apa yang di inginkan, yaitu terakreditasi A, " harap Sukamto.

Artinya akreditasi ini akan sesuai dengan fungsinya, yaitu untuk mengetahui bagaimana kelayakan & kinerja sekolah yang dilihat dari berbagai unsur yang terkait seperti mengacu kepada baku kualitas yang dikembangkan berdasarkan indikator-indikator amalan baik sekolah.

Selain itu juga akan diketahui akuntabilitas tentang sekolah dapat mempertanggungjawabkan, apakah layanan yang diberikan memenuhi harapan atau keinginan masyarakat. Selain itu Akreditasi itu juga untuk kepentingan pengembangan dalam rangka peningkatan kualitas yang berdasarkan masukan dari hasil akreditasi itu sendiri, " demikian Sukamto.

Sementara itu, Kasubag Tata Usaha (KTU) SMAN 2 Solsel, Desmilaili menjelaskan kondisi Pegawai dan guru yang tercatat sebanyak 16 orang guru PNS, 12 orang guru sukarela.

Sedangkan jumlah murid saat ini tercatat sebanyak 323 orang siswa dengan rincian siswa kelas X sebanyak 119 orang, siswa kelas XI sebanyak 110 orang dan siswa kelas XII sebanyak 94 orang. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru