Pemkab Solok Selatan Realisasikan Pembayaran BST Pengganti

EKONOMI-280 hit

PADANG ARO - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari (DinsosPMD) setempat. Realisasikan pembayaran Bantuan Sosial Tunai (BST) pengganti terhadap kepala keluarga penerima manfaat yang sempat tertunda. Pembayaran BST tersebut dilakukan melalui Bank Nagari didaerah itu.

Dengan adanya penundaan pembayaran pada sebelumnya, terdapat dana BST yang bersumber dari APBD Kabupaten Solok Selatan sebesar Rp 3 Miliar lebih di kas Bank Nagari.

"Setelah dilakukan validasi untuk nama penerima BST pengganti serta dikeluarkannya surat keputusan terbaru. Mulai sejak 8 Sepetember kemarin telah mulai direalusasikan," kata Kabid Sosial, Dinsos PMD Solok Selatan, Andri Gustova di Padang Aro, Rabu (9/9/2020).

Menurutnya, hasil dari validasi data pengganti untuk penerima manfaat didapatkan, sebanyak 1.768 penerima manfaat. Dari data akhir ini, terdapat pengurangan sebanyak tiga penerima manfaat dari data sebelumnya sebanyak 1.771 penerima dengan alasan data ganda.

"Penyaluran BST ini, dilakukan melalui tiga cabang Bank Nagari yang ada di Solok Selatan. Dengan memperhatikan protokol kesehatan, setiap harinya dibatasi seratus orang penerima manfaat dilayani dimasing-masing cabang Bank Nagari," katanya.

Sebelumnya, penggantian data ini dikarenakan beberapa hal. Diantaranya, terdapat data ganda pada skema bantuan serupa lainnya, data yang tidak valid, berada di luar daerah, sakit, pindah tempat tinggal hingga meninggal dunia sebelum penyaluran BST ini.

"Adapun jumlah BST yang dibayarkan sebesar, Rp 1,8 juta. Dibayarkan selama tiga bulan, April, Mei dan Juni dengan jumlah perbulannya masing-masing Rp 600 ribu," jelasnya.

Diharapkan, penyaluran BST ini selesai dilakukan selama enam hari kedepan dengan baik. Dan dihimbau kepada keluarga penerima manfaat agar menggunakan dana BST tersebut dengan tepat sasaran. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru