Ketum KONI Sumbar Sumbar Warning Atlet PON Soal Doping

OLAHRAGA-138 hit

PADANG - Ketua Umum KONI Sumbar, Syaiful, mengingatkan atlet Sumbar tidak menggunakan doping pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX-2021 di Papua. Atlet diminta latihan dengan sungguh-sungguh agar meraih prestasi tertinggi.

"Kita yakin seluruh atlet Sumbar yang lolos PON yang sudah tahu ini (doping) tidak akan mau merugikan dirinya sendiri, dan janganlah memakan obat, suplemen, yang tidak diketahui sumber dan apa kandungan yang ada di dalamnya," kata Syaiful, kepada wartawan di Padang Selasa (7/9/2020).

Ia melanjutkan, para atlet diingatkan supaya tidak asal konsumsi saja obat dan suplemen lainnya, sebaiknya para atlet berkonsultasi dengan tim dokter KONI Sumbar, sebelum mengonsumsi vitamin atau suplemen. Karena KONI Sumbar punya dokter khusus dan klinik untuk mengecek ini makanan apakah mengandung doping atau tidak, sehingga kandungan vitamin atau suplemen diketahui.

Syaiful juga mewanti-wanti atlet, bagi yang kedapatan menggunakan doping akan menanggung risikonya sendiri. Oleh sebab itu, peringatan ini disampaikan sebelum terjadi.

"Atlet yang terlibat doping kalau dia berhasil (meraih medali) bisa dibatalkan, dan juga bisa dihukum. Bukan dihukum secara pidana, tetapi dihukum secara atletnya.

Bisa dihukum tidak bertanding seumur hidup, itu merugikan atlet itu sendiri," ucapnya.

Ia menyampaikan, selain diminta tidak terlibat doping, para atlet juga diingatkan agar tidak melakukan tindakan yang merugikan lainnya. Para atlet harus bisa memberikan contoh teladan.

"Kita juga mengimbau atlet supaya menjaga diri terutama masalah Covid-19. Kedua, jauhkan dari tindakan yang akan berakibat hukum yang dapat merugikan kita sendiri," bebernya.

Ia mengakhiri, agar atlet bisa memahami lebih dalam bahaya doping, maka KONI Sumbar akan menghadirkan narasumber dari Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) pada pembekalan atlet di akhiri September 2020.

"Informasi dari LADI akan memberikan edukasi kepada atlet-atlet Sumbar yang lolos PON. Selain itu juga dibahas masalah gizi atlet, dan hal-hal lainnya," pungkas Syaiful.

Dalam pembekalan nantinya, tambah Syaiful yang didampingi Wakil Ketua II Fazril Ale dan Kabid Humas Saren Suprapto ini, juga akan didatangkan mantan atlet nasional untuk memberikan motivasi.

"Kemungkinan kami akan datangkan Icuk Sugiarto, atau Susi Susanti nanti. Sehingga atlet PON Sumbar akan termotivasi untuk berprestasi lebih baik," pungkasnya. MR

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru