Hari Terkahir, Dua Bapaslon Gubernur Mendaftar ke KPU Sumbar

POLITIK-413 hit

PADANG - Memasuki hari terakhir pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) gubernur dan wakil gubernur Sumbar ke KPU Sumbar, Minggu (6/9/2020), sebanyak dua calon mendaftarkan diri.

Pasangan pertama mendaftar yakni Bapaslon Gubernur, Fakhrizal dan Calon Wakil Gubernur, Genius Umar. Pasangan yang didukung Partai Golkar, Partai Nasdem dan PKB ini mendatangi KPU Sumbar Minggu siang, diantar ratusan massa pendukung dan petinggi ketiga parpol pengusung. Rombongan bergerak dari posko pemenangan di jalan Raden Saleh, kecamatan Padang Utara, menuju KPU Sumbar, di jalan Pramuka.

Awalnya, pasangan ini akan maju melalui jalur perseorangan atau independen, namun gagal karena dalam verifikasi faktual terjadi kendala, akhirnya melalui kepercayaan publik pasangan ini didorong untuk maju melalui jalur parpol dan akhirnya mendapat dukungan tiga parpol dengan melebihi syarat dukungan 12 kurdi di DPRD Sumbar. Sekedar informasi, dukungan untuk pasangan ini sebanyak 14 kursi, dari partai Golkar 8 (delapan) kursi, Nasdem 3 (tiga) dan PKB 3 (tiga) kursi,

Kepada wartawan, sebelum mendaftar di KPU Sumbar, Fakhrizal mengucapkan keyakinannya bersama Genius Umar bisa menjadi pemenang dan mendapat kepercayaan rakyat Sumbar dalam Pilgub 2020 di Sumbar tanggal 9 Desember mendatang. Pasangan calon yang menyingkat sebutan namanya dengan FA-GE mengatakan, mereka menerima amanah ini karena dorongan masyarakat Sumatera Barat yang menginginkan perubahan disegala bidang, khususnya pada tataran pemerintahan serta ekonomi.

Mualim Minus PDIP

Sementara itu, menjelang sore, pasangan Mulyadi-Ali Mukhni (Mualim) juga datang ke KPU Sumbar untuk mendaaftar. Pasangan ini juga memastikan meninggalkan PDI-P dengan mendaftar hanya diusung 2 partai politik, yakni Demokrat dan PAN. Pasangan ini datangi KPU Sumbar diiringi ratusan pendukung militan baik dari partai maupun simpatisan dan petinggi partai pengusung.

Mulyadi-Ali Mukhni datang pukul 16.00 WIB.langsung menuju aula KPU Sumbar dan sudah ditunggu komisioner lengkap dengan petugas, disaksikan Bawaslu Sumbar. Pasangan ini mengantongi 20 kursi dukung di DPRD Sumbar, masing-masing partai mempunyai 10 kursi.

Meskipun ratusan massa dari partai dan non partai mengiringi pendaftran, namun semua tetap menerapkan protokoler kesehatan Covid-19, dengan pengawalan Simpatik PAN dan Rajawali Demokrat, tetap tertib serta mengikuti prosedur yang ditetapkan KPU Sumbar.

Empat Bapaslon Gubernur

Dengan mendaftarnya dua Bapaslon, hari terakhir ke KPU Sumbar, kemungkinan sebanyak 4 pasangan calon akan menjadi kontestan dalam Pilgub Sumbar 2020 yang akan dilaksanakan 9 Desember mendatang.

Selain kedua pasangan diatas, di hari pertama, Kamis (4/9/2020) sudah mendaftar pasangan Mahyeldi-Audy yang didukang PKS-PPP dengan mengantongi 18 kursi dukungan di DPRD Sumbar.

Pasangan kedua yang mendaftar ke KPU Sumbar, yakni Pasangan Nasrul Abit-Indra Catri (NA-IC). Pasangan yang didukung Partai Gerindra dengan 14 kursi dukungan di DPRD ini, mendaftar Jumat (5/9/2020).

Inilah Keempat Bapaslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2020:

1. Mahyeldi-Audy (PKS-PPP)

2. Nasrul Abit-Indra Catri (Partai Gerindra)

3. Fakhrizal-Genius Umar (Partai Golkar, Partai Nasdem dan PKB)

4. Mulyadi-Ali Mukhni (Partai Demokrat-PAN)

MR

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru