Diteliti UNP, Gua Janjian Siap Dikembangkan Pokdarwis Lembah Sajonang jadi Destinasi Wisata Alam

PARIWISATA-352 hit

SAWAHLUNTO - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lembah Sajonang, Desa Talago Gunung, Kecamatan Barangin, Sawahlunto, akan garap destinasi baru "Gua Janjian" setelah dilakukan penelitian dan pemetaan karakteristik morfometri oleh tim geologi dari Fakultas Pertambangan Universitas Negeri Padang (UNP) beberapa waktu lalu.

Menurut hasil penelitian sementara, Gua Janjian memiliki morfometri kandungan air dan keberagaman fauna didalamnya, dan berpotensi untuk dikaji guna dikembangkan sebagai destinasi wisata alam bawah tanah alias gua. Hal itu diakui tim peneliti dosen UNP Harizona Aulia Rahman dan Riko Maiyudi, seperti dikutip dari Humas Pemko.

Ketua Pokdarwis Lembah Sajonang Robert Petra kepada wartawan mengatakan, selain ditemukannya keberagaman fauna di Gua Janjian tersebut, gua itu dahulunya dikabarkan juga pernah menjadi basis persembunyian para pejuang kemerdekaan, bahkan sangat identik dengan kondisi kehidupan pra sejarah si gua itu.

Baca Juga


Ketua Pokdarwis Robert Putra yang datang menyampaikan laporan hasil penelitian UNP ke Pemko Sawahlunto (2/9) mengatakan, dengan hasil penelitian sementara itu, maka gua Janjian bisa berpotensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata Desa Talago Gunung yang dikelola Pok darwis Sajonang.

Saat ini, kata dia, Pokdarwis Lembah Sajonang tengah menyelesaikan tahapan pembangunan akses transportasi jalan dan sarana penunjang pariwisata di kawasan Gua Janjian tersebut. Selain melakukan sosialisasi sapta pesona pariwisata pada para anggota kelompoknya sendiri.

Kabag Kominfo Persandian dan Humas Pemko Sawahlunto Wiza Andrita menyebutkan, Walikota Deri Asta sangat mengapresiasi dan sangat mendukung inovasi yang dikembangkan Pokdarwis Sajonang Desa Talago Gunung itu.

Rita melanjutkan, disaat Gua Janjian tersebut mulai dirintis sebagai destinasi pariwisata alam, Pak Wako sudah terlebih dahulu masuk ke gua tersebut. Beliau sudah sendiri kondisi dalam gua yang menakjubkan sehingga beliau mendukung penuh Gua Janjian bahwa memang Gua Janjian sebagai wisata edukasi geologi dan konservasi.

Untuk lebih berkembang nantinya, dukungan pemerintah disalurkan melalui melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, termasuk Dinas tekait lainnya. (iyos)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru