Wako Mahyeldi: Umat Islam dan Pemimpin Muslim Harus Bersatu Bela Palestina

PERISTIWA-122 hit

PADANG - Walikota Padang Mahyeldi didapuk menjadi Narasumber dalam acara yang diadakan oleh AQL Islamic Center dan Spirit of Aqsa (Network Baitul Maqdis) secara Live melalui aplikasi Zoom Metting, di Gedung Putih Rumah Dinas, Kamis (3/9/2020).

Sebagaimana tema yang diangkatkan dalam diskusi online kali ini ialah "Peran dan Kewajiban Pemimpin serta Penguasa Dalam Membela Palestina". Turut hadir menjadi pembicara Ustadz Arifin Nugroho dan Ustadz Umar Makkah, Lc.

Mengawali paparannya, Mahyeldi menjelaskan, bahwa Palestina merupakan tanah wakaf umat islam yang tanahnya telah disucikan oleh Allah Swt dan merupakan wathanul Anbiya (negeri para nabi). Di Palestina terdapat Masjid Al Aqsa yang merupakan kiblat pertama umat islam.

"Masjid Al Aqsa adalah tempat bersejarah, singgah Rasulullah Muhammad Saw dalam perjalanan Isra' dan Mi'raj. Sekarang sudah sama-sama kita ketahui bahwa Masjid Al Aqsa (Palestina) telah dijajah oleh Bangsa Israel. Maka seluruh umat dan pemimpin Islam di dunia mempunyai kewajiban dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh negara Palestina," jelas Wako.

Mahyeldi menambahkan, tantangan yang dihadapi Bangsa Palestina ke depan akan semakin besar. Umat islam dan para pemimpin islam di dunia harus memperkuat persatuan dan kesatuan, terus menghidupkan isu-isu Palestina di lingkungan sekitar, menggalang donasi dan membentuk koalisi untuk membela kemerdekaan Palestina.

"Umat islam dan pemimpin muslim didunia harus bersatu untuk peduli dengan Palestina, dengan demikian maka upaya-upaya yang kita lakukan akan mendukung kemerdekaan Palestina akan terwujud. Hal itu sudah pernah dilakukan umat Islam di Indonesia untuk lepas dari penjajahan," ungkap Wako.

Lebih jauh dijelaskan, sejauh ini Pemerintah Kota Padang dan masyarakat Kota Padang telah menyalurkan donasi untuk Palestina, berupa pembelian 1 ambulance, bantuan biaya berobat, bantuan dana pembangunan Masjid Istiqlal di Palestina dan sumbangan rutin donasi yang dikirim setiap tahunnya.

"Kita di Pemerintah Kota Padang rutin menggalang donasi untuk Palsetina ketika perayaan Hari Besar Islam (PHBI). Disamping itu juga menghadirkan Ustadz yang berasal dari Palestina ketika bulan Suci Ramadhan untuk memberikan khabar tentang kondisi terkini bangsa Palestina," tukuk Wako.

Hadir mendampingi Wali Kota Padang Mahyeldi, Kabag Kesra Kota Padang Amriman, Kasubag Bina Mental dan Keagamaan Bagian Kesra Zul Asfi Lubis. (Muliadi)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru