Sawahlunto Masih Zona Orange, Tim Gugus Tugas Terus Bagi Masker dan Larang Kenduri

PEMERINTAHAN-244 hit

SAWAHLUNTO - Kondisi Sawahlunto, Sumatera Barat, masih di zona orange dalam penyebaran pandemi corona virus COVID-19 setelah 37 warganya terkonfirmasi positif terpapar. Mengantisipasi penyebaran agar tidak meluas, Tim Gugus Tugas COVID-19 setempat gencar turun ke warga membagikan masker.

"Kita saat Sawahlunto dalam posisi zona orange, saya himbau seluruh masyarakat mampu menghindar dari COVID-19 dengan cara patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, selalu mengenakan masker, sering cuci tangan pakai sabun di air mengalir, jaga jarak.Jika ingin selamat taati itu." Ungkap Sekretaris Gugus Tugas yang juga Ka BPBD Adri Yusman,Rabu (2/9/20).

Dikatakan dia, saat operasi pembagian 500 masker untuk masyarakat di Pasar Sapan, Kecamatan Barangin bersama Forkomcam Barangin menyebutkan, sudah saatnya seluruh warga menyadari bahaya pandemi asal Cina tersebut. Untuk itu, katanya kewaspadaan menghindar dari COVID-19 harus menjadi pusat perhatian dengan cara patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Terpisah, Camat Barangin Subandi kepada beritaminang.com mengemukakan, kondisi penyebaran COVID-19 diwilayah kwrjanya cukup mengkuatirkan setelah 8 warganya dinyatakan terkonfirmasi positif corona virus.

Menyikapi kondisi tersebut,lanjut dia, seluruh kekuatan di pemerintahan kecamatan, desa dan kelurahan turun ke tengah masyarakat mensosialisasikan perlindungan agar terhindar dari virus mematikan itu, salah satunya menyasar ruang publik seperti pasar dan rumah-rumah warga selalu mengikuti instruksi protokol kesehatan COVID-19.

"Kami harus melakukan ini, turun kelapangan, pasar, dan pemukiman warga dengan melibatkan unsur Forkomcam, Danramil 01, Kapolsek Barangin, dibawah koordinasi Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 setelah 8 warga saya dinyakatan terkonfirmasi positif corona." Kata Bandi.

Izin Kenduri Sementara Ditiadakan

Sementara itu, Kepala Pol PP dan Damkar Jon Hendri menegaskan, saat ini Pemerintah tegas mengatakan tidak akan memberikan izin penyelenggaraan keramaian seperti kenduri atau pesta pernikahan, dan kegiatan lain yang betsifat mengumpulkan orang banyak.

"Pemerintah sudah mulai tegas, untuk sementara tidak akan memberikan izin keramaian seperti penyelenggaraan kenduri atau pesta pernikahan dan pertemuan lainnya yang melibatkan orang banyak, sembari menunggu keluarnya Perda COVID-19 yang tengah dibahas di Provinsi Sumatera Barat." Ttur Jon Hendri.

Operasi pembagian masker di Pasar Sapan turut di dukung kesatuan TNI dari Koramil 01 Sawahlunto yang langsung menurunkan beberapa anggotanya dibawah komando Mayor Inf.Irwan B. Dan kesatuan Polsek Barangin dibawah komando Kapolsek Iptu Marwan. (Iyd)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru