Wagub Nasrul Abit Tutup Kejurda Catur se-Sumatera Barat

OLAHRAGA-155 hit

PADANG - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menutup Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur di GOR Agus Salim, Minggu (30/8/2020). Olahraga asah otak yang dilakukan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumatera Barat dilakukan dengan tujuan mencari bibit pecatur Sumbar sekaligus mengasah kemampuan pecatur yang disiapkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua tahun 2021.

Kejuda kali ini mempertandingkan beberapa nomor Kategori Umur (KU) yaitu, kategori yunior putra, senior putra dan putri yang diselenggarakan mulai tanggal 28-30 Agustus 2020. Iven ini digelar untuk kembali mengairahkan kejuaraan catur, karena cabor Catur jarang dilakukan iven-iven seperti ini.

Dalam sambutannya, Wagub Nasrul Abit menyarankan agar cabang olahraga catur ini terus dilakukan pembinaan, olahraga catur juga merupakan cabang olahraga kebanggaan Sumbar yang perlu terus dilakukan peningkatan dalam berbagai iven.

"Catur ini adalah olahraga orang yang cerdas sangat disayangkan olahraga ini minim iven, makanya, saya minta terus gali dan cari bibit-bibit yang berbakat disini," ulasnya.

Catur salah satu stimulan untuk berfungsinya syaraf yang merangsang otak. Wajar para pecatur memiliki kualitas pola pikir yang baik.

"Walau dalam keadaan pandemi Covid-19, tidak perlu berhenti, terus lakukan pembinaan terhadap atlit-atlit kita. Karena cabor catur juga kebanggaan Sumbar," kata Nasrul Abit.

Selanjutnya Wagub Sumbar Nasrul Abit Wakil mengucapkan selamat kepada peserta yang telah berhasil menjadi juara pada Kejuaraan Catur ini. Dan kepada Panitia ia berikan apresisasi panitia pelaksana Percasi Sumbar atas telah sukses dan terselenggaranya kejuaraan catur yang bertema "menjunjung tinggi sportifitas" dalam pertandingan.

"Semoga dalam kejuaraan catur ini, dapat menemukan atlit-atlit yang berbakat yang nantinya bisa dikembangkan menjadi atlit berprestasi kebanggaan di Sumbar," ucap Nasrul Abit.

Wagub Sumbar menjelaskan, bahwa tahun ini dipastikan tidak ada penyelenggaraan PON tahun 2020 di Papua, dikarenakan kondisi Indonesia dalam keadaan bencana Nasional yaitu bencana virus corona (Covid-19). Ia berharap pada tahun 2021 akan dilaksanakan PON di Papua. Rel/MR

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru