Meski Pandemi, Poktan Hamparan Sigata Panen Bawang Merah Capai Dua Ton

EKONOMI-136 hit

PADANG PANJANG - Kelompok Tani (Poktan) Hamparan Sigata, Kelurahan Ganting, Padang Panjang, melakukan panen bawang merah pada Sabtu, (29/8/2020).

"Panen bawang merah Kelompok Tani (Poktan) Hamparan Sigata ini merupakan hasil keseriusan pengembangan bawang merah di Kota Padang Panjang," kata Kabid Ketahanan Pangan DPP Kota Padang Panjang Deslirizaldi, SP. MP, Sabtu.

Poktan yang diketuai Yasnil DT Gamuak itu beranggotakan 15 orang. Telah menanam 150 kg bibit bawang merah pada 23 Juni 2020 lalu.

"Alhamdulillah, pada hari ini sudah dipanen. Estimasi perkiraan hasil panen bawang merah ini nantinya mencapai angka 2.000 kg atau dua ton," ucapnya senang.

Lebih lanjut ia berharap, hasil panen tersebut tidak hanya menjadi bahan konsumsi masyarakat. Tetapi juga bisa menjadi bibit untuk budidaya di kemudian hari.

Sekretaris Poktan Ihsan DT Mangkudun Sati, STP, menambahkan, keberhasilan dalam budidaya bawang merah ini tidak diperoleh begitu saja. Tapi ada beberapa kiat-kiat khusus.

Adapun langkah yang dilakukan, yaitu mengkaji pekiraan cuaca, pengolahan tanah yang sempurna, pemakaian bibit unggul dan pengendalian hama dan penyakit dengan kontinyu.

"Karena komoditi bawang merah umurnya relatif pendek, maka komoditi ini akan lebih baik dibudayakan penanamannya oleh masyarakat tani lainnya di Padang Panjang", ujarnya.

Terakhir, dia menambahkan, semoga kedepannya Poktan Hamparan Sigata dapat meningkatkan hasil panen dan menjadi contoh bagi Poktan lainnya. (RelKom/Naa/Lex)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru