Lokasi Transmigrasi KPB Lunang Silaut Pessel, Ditargetkan jadi Sentra Ternak Sapi

EKONOMI-126 hit

PAINAN - Lokasi Transmigrasi yang berada dalam pembinaan Disnakertrans Sumbar, yakni Kawasan Perkotaan Baru (KPB) Lunang Silaut, Pesisir Selatan ditargetkan bisa menjadi sentra ternak sapi di masa mendatang.

Hal ini dikatakan Camat Lunang Silaut Syamwil saat menghadiri kegiatan penguatan integrasi sapi sawit di KPB Lunang Silaut kerjasama dengan Fakultas Peternakan Unand terhadap pelaku peternak dan Wali Nagari yang ada di Gedung Nagari Sungai Pulai, Kecamatan Lunang Silaut, Kamis, 20 Agustus 2020.

Untuk ini, sebut Camat Silaut Syamwil, ia menghimbau agar warganya khususnya pelaku peternak agar mengaktifkan lagi yandunak keswan, kandang sempit untuk inseminasi buatan dan lainnya yang terkait untuk pengembangan ternak sapi.

"Semoga Kawasan Perkotaan Baru (KPB) Lunang Silaut menjadi sentra ternak sapi," katanya berharap.

Adapun materi yang diberikan dalam penguatan integrasi sapi, yakni melaksanakan pelatihan atau diskusi dengan Dinas Peternakan, Bappeda serta Fakultas Peternakan Unand. Juga dilaksanakan vaksinasi jembrana, termasuk juga sapi yang berada dilokasi IPOG ( Industri Pengolahan Pupuk Organik) yang berada di Nagari Air Hitam.

Bantuan Sapi Kemendes PDTT

Sementara itu, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) akan menyalurkan bantuan sebanyak 50 ekor sapi untuk masyarakat Kecamatan Lunang yang berusaha disektor peternakan. Hal itu terungkap saat Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni ketika melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Lunang, Rabu (26/8/2020).

Dikatakan, bantuan sapi tersebut juga dalam rangka mendukung program integrasi pemeliharaan sapi dengan perkebunan sawit. Dimana, program itu dikembangkan ditiga kecamatan yaitu Basa Ampek Balai Tapan, Lunang dan Silaut. Program itu mesti dioptimalkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Ketiga kecamatan itu sangat potensial karena wilayah yang luas dengan ketersediaan pakan ternak yang memadai. Dan perkebunan sawit juga terus berkembang. Hms-Sumbar/BM

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru