UPTD K-3 Disnakertrans Sumbar Uji Fisik Lingker di PLTU Ombilin Sawahlunto

PEMERINTAHAN-129 hit

SAWAHLUNTO - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbar melakukan pengujian faktor fisik lingkungan kerja (Lingker) dan pemantauan ergonomi di PT PLTU Ombilin Kota Sawahlunto, Selasa, 4 Agustus 2020.

Kepala Disnakertrans Sumbar Nazrizal melalui Kepala UPTD Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sumatera Barat Elvina Adiyanti, SE, MM menyebutkan, kegiatan ini pada intinya melihat pencahayaan dan posisi tubuh dalam bekerja.

"Pengujian faktor fisik lingker adalah pencahayaan ruang kerja apakah penerangan lampu baik sebanyak 3 titik ruangan kerja, sedangkan Pemantauan Ergonomi untuk mengukur posisi tubuh saat bekerja," katanya.

Kegiatan ini dilakukan tim yang sudah punya keahlian di bidangnya. Kegiatan ini dilakukan, sesuai dengan amanah PP 88 /2019 Tentang Kesehatan Kerja, Permenaker 1/1981 tentang Wajib Lapor Penyakit Akibat Kerja ((PAK), KEPPRES RI 22/1993 Tentang penyakit disebabkan pekerjaan atau lingkungan kerja, Permenaker5/2018 tentang keselamatan kesehatan kerja dan Permenkes 327/2020 tentang COVID 19 Akibat Kerja.

"Jadi, ini merupakan pemeriksaan rutin, guna menjamin K3 sebuah perusahaan besar terhadap karyawan yang bekerja disana," sebutnya.

Sebagaimana diketahui, PLTU Ombilin terletak di desa Sijantang berada sejauh 15 km dari kota Sawahlunto. PLTU ini salah satu pembangkit yang mempasok kebutuhan tenaga listrik PT PLN (Persero) dengan pemanfaatan potensi batubara sebagai sumber energi listrik yang ada di sekitar lokasi PLTU atau batubara di daerah Sawahlunto dan sekitarnya.

PLTU ini mulai dibangun Juli 1993 dan mulai beroperasi bulan Juli 1996, disusul PLTU Unit 2 bulan November 1996. PLTU Ombilin dapat berumur 30 tahun. Energi listrik yang dihasilkan PLTU Ombilin melalui Generator dengan Tegangan 11.5 kV, dinaikkan menjadi 150 kV melalui Main Transformer. Kemudian disalurkan melalui jaringan Tegangan Tinggi 150 kV yang menghubungkan ke sistem interkoneksi Sumatera, selanjutnya dikendalikan oleh Pusat Pengaturan Pengendalian Beban Sumatera (P3BS). Hms-Sumbar/BM

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru