Petani Sawahlunto Yal Malin Pandeka, Garap Jahe Merah Sebagai Sumber Ekonomi Baru Ditengah Covid-19

EKONOMI-339 hit

SAWAHLUNTO - Jahe merah, menjadi populer ditengah mewabahnya corona virus covid-19 di seluruh dunia. Banyak pihak merekomendasikan tanaman herbal ini mampu meningkatkan imun dalam membendung pandemi tersebut menyerang kesehatan manusia.

Saking populernya jahe, sejumlah petani mulai menggeluti bisnis tanaman yang mudah hidup di belantara nusantara ini sebagai sumber ekonomi baru ditengah ancaman resesi ekonomi nasional dan covid-19 yang terus merontokan sendi-sendi kekuatan bangsa saat ini.

Mesiasati kondisi saat ini, seorang petani bernama Yal Malin Pandeka terbersit hatinya untuk memulai membudidayakan tanaman jahe di lahan pertanian miliknya yang tidak terlalu luas di Desa Kolok Mudik, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, Sumbar.

Yal Malin Pandeka kepada beritaminang.com kemarin mengatakan, dia baru memulai membudidayakan jahe merah sebagai komoditi potensial dan diminati pasar, karena jahe merah merupakan tanaman herbal yang memiliki kandungan zat untuk meningkatkan imun atau daya tahan tubuh manusia.

Apalagi ditengah kondisi covid-19 saat ini, jahe merah sangat dicari dan dibutuhkan kalangan masyarakat dan pasar. Momen inilah yang menginspirasi Yal Malin untuk menggarap lahan tidurnya jadi produktif dan potensial dengan ditanami jahe merah. Dia berharap, usaha yang dikembangkannya ini sukses dan jadi inspirasi bagi petani lainnya.

Wako Dukung Petani

Dilansir pemberitaan Humas Pemko setempat, upaya yang dilakukan Yal Malin mendapat perhatian dan apresiasi Walikota Deri Asta. Deri mengintruksikan upaya memulai bertanam jahe merah sebagai sumber ekonomi baru madyarakat perlu dorongan Pemerintah melalui Dinas teknis, mulai dari pengolahan lahan hingga berproduksi dan dipasarkan. Deri Asta, sebagaimana Humas, mengajak petani ikut melirik komoditas jahe merah sebagai potensi ekonomi yang menjanjikan.

"Saya mengapresiasi usaha yang dikembangkan Pak Yal Malin Pandeka ini, beliau kreatif memanfaatkan lahan dengan menanami dengan jahe merah yang jarang di lakukan petani lain. Ini sangat menjanjikan secara ekonomi. Untuk itu, mari dukung beliau yang sudah mengawali usaha pertanian ini. " ungkap Deri Asta,sebagaimana dikutip dari laman Humas Pemko saat meninjau lahan pertanian jahe merah milik Yal Malik Pandeka bersama pejabat terkait, Selasa kemarin. (iyos)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru