Optimalkan Zakat, Baznas Sumbar Bentuk Dua Unit Pengumpul Zakat

EKONOMI-162 hit

PADANG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumatera Barat, membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Tuah Sakato di seluruh masjid daerah setempat guna meningkatkan penerimaan zakat dan membentuk UPZ baru dari Dinas Pendidikan Sumbar.

Sebanyak 46 orang UPZ Tuah Sakato dan 9 orang UPZ Dinas Pendidikan Sumbar dilantik oleh ketua Baznas Sumbar Prof. Dr. H. Syamsul Bahri Khatib bertempat di Aula Kantor Gubernur, Selasa (25/8/2020) yang dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri l, SE, M.Si, Kepala Biro Bintal dan Kesra Sumbar H. Saifullah.

Sambutan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengucapkan selamat kepada pengurus UPZ Tuah Sakato periode 2020-2025. UPZ merupakan organisasi yang dibentuk dengan tugas mengumpulkan zakat untuk melayani para muzakki (pembayar zakat) yang berada di daerahnya masing-masing.

"UPZ merupakan ujung tombak di bidang pengumpulan zakat yang memiliki peran penting dalam mewujudkan optimalisasi pengelolaan zakat. UPZ juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan umat, oleh karena itu, para pengurus UPZ diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan kewajibannya dalam rangka mengurangi angka Kemiskiman di Sumbar," sambut Irwan Prayitno.

UPZ Baznas merupakan perpanjangan Pemerintah dari Kementerian Agama Provinsi Sumbar yang memiliki kekuatan hukum untuk bertindak melakukan kegiatan pengumpulan zakat berdasarkan SK (Surat Keputusan) Ketua Umum Baznas Sumbar.

"Saya harap Baznas dapat terus menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki agar mampu memberikan daya dukung terhadap pencapaian program pegentasan kemiskinan di provinsi Sumatera Barat," ujarnya.

Lebih lanjut Irwan Prayitno mengatakan, terkait penyerahan bantuan ini sebagai bentuk dimensi sosial dari pendayagunaan Zakat dalam rangka turut meringankan beban masyarakat.

"Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan sehingga pemanfaatannya dapat dirasakan oleh saudara-saudara kita yang kurang beruntung," kata Irwan Prayitno

Selanjutnya gubernur Sumbar mengucapkan selamat kepada Seluruh Pengurus UPZ Tuah Sakato dan UPZ Dinas Pendidikan Sumbar yang baru dilantik.

"Kepada Seluruh pengurus UPZ yang baru saja dilantik, diharapkan mampu menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Selamat bekerja semua, semoga amal ibadah dapat memberikan manfaat bagi kita semua," tutupnya.

Sementara itu, ketua Baznas Sumbar Syamsul Bahri Khatib menyebutkan pengelolaan zakat jika dilakukan dengan optimal, produktif, amanah dan proses pengelolaannya diarahkan dengan tepat disertai manajemennya yang baik serta kontrol sosial yang baik pula, maka akan memperkuat upaya pengentasan kemiskinan di daerah Ranah Minang yang dicintai ini.

"Kami sangat berharap, pengurus UPZ bisa bekerja dengan amanah, transparan, dan profesional serta meningkatkan kesadaran umat untuk berzakat melalui amil zakat, dan memaksimalkan peran zakat dalam menanggulangi kemiskinan melalui sinergi dan koordinasi dengan lembaga terkait, apalagi di masa pandemi seperti ini," imbuhnya. Rel/Editor

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru