Putus Rantai Covid-19, Puluhan Wartawan Padang Lakukan Tes Swab

KESEHATAN-167 hit

PADANG - Setelah satu wartawan dinyatakan positif Covid-19, sebanyak 40 Orang wartawan di Padang, Sumatera Barat lakukan tes swab mandiri di Puskesmas Andalas, Kota Padang, Selasa (25/8/2020).

Ketua IJTI Sumbar, John Nedy Kambang menyebutkan, kegiatan ini dilakukan setelah satu orang anggota IJTI diketahui positif covid 19 dua hari belakangan.

"Kita perlu melindungi jurnalis, karena interaksi mereka di lapangan sangat aktif," katanya sambil menyebutkan, kegiatan ini juga didukung SMSI, PWI, Sumbar dan difasilitasi oleh Gugus Tugas Covid 19 Sumbar serta Dinas Kesehatan Kota Padang.

Diantara yang ikut swab, tampak Ketua SMSI Sumbar Zulnadi bersama sekretaris Gusfen Khairul.

Zulnadi usai tes swab mengatakan, tes swab penting dilakukan, untuk melindungi jurnalis dan lingkungannya, agar aman dan nyaman beraktifititas.

"Kita tidak perlu cemas, apalagi takut adanya swab diri. Lebih awal lebih baik mengetahui kondisi kita ketimbang sudah ada gejala. Sayangi diri, keluarga dan kolega dengan antisipasi secara dini," sebut Zulnadi.

Tes Swab Tidak Sakit

Jurnalis yang ikut tes swab ini mengaku tidak merasakan sakit. "Geli geli dan tidak ada sakit, berbeda dengan informasi yang beredar," kata Rino Zulyadi, salah satu wartawan senior yang ikut dalam tes ini.

"Kami mengimbau kepada wartawan untuk berinisiatif memeriksakan diri, jangan takut, karena swab itu tidak sakit, kita tentu tidak ingin, jurnalis menjadi silent spreader covid 19 ini," tambah Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus, yang juga ikut melakukan tes swab.

Dalam swab mandiri ini juga ikut Kepala Dinas Pemberdayaan Sumbar Drs.Syafrizal Ucok, yang mengaku memang sering kontak dengan sejumlah wartawan dalam wawancara maupun bertandang ke kantor PWI Sumbar.

Sebelumnya diketahui salah satu anggota IJTI Sumbar dinyatakan positif covid 19. Saat ini jurnalis tersebut sudah di isolasi. (Zul/MR)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru