Sekolah Tinggi WI Solsel Lakukan Micro Teaching Jelang Perkuliahan Semester Ganjil 2020/2021

PENDIDIKAN-306 hit

PADANG ARO - Terkait akan dimulainya kegiatan perkuliahan semester ganjil tahun 2020/2021, Widyaswasara Indonesia (WI) Solok Selatan melakukan Micro Teaching bagi dosen dan para calon dosen.

Kegiatan Micro Teaching yang melibatkan Koordintor Sekolah Tinggi WI, para pimpinan Program Studi (Prodi) dosen senior di WI Solsel tersebut digelar di kampus yang beralamat di Kutianyiu Muara Labuh, Minggu (23/8/2020)

Menurut Koordinator Sekolah Tinggi, Dr. Syamsurizaldi kegiatan micro teaching ini adalah bagian dari proses untuk melihat kemampuan dosen untuk mengajar, berinteraksi dengan mahasiswa. Hal ini dilakukan oleh Perguruan Tinggi, baik yang negeri maupun swasta.

Untuk kegiatan di WI kali ini ada dua kegiatan, pertama adalah micro teching bagi yang melamar menjadi dosen, kedua bagi dosen yang sudah mengajar sebelumnya di STIE dan STKIP WI Solsel," kata Syamsurizaldi yang juda Dosen di Unand Padang.

" Adapun yang mengikuti micro teaching ini adalah calon dosen dan dosen yang sudah mengajar sebelumnya di kampus WI Solsel, " terang Samsurizaldi.

Bagi yang baru calon dosen ini adalah sebuah proses untuk mengetahui kemampuan mereka untuk jadi dosen. Sedangkan bagi dosen yang sudah berpengalaman mengajar sebelumnya, kegiatan ini adalah evaluasi terhadap dirinya terkait dengan yang sudah dilakukan sebelumnya, "ungkap Syamsurizaldi yang biasa dipangggil uncu.

Pada dasarnya, micro teaching itu adalah penilaian terhadap kemampuan dosen dalam mengajar dan berinteraksi dengan mahasiswa, sedikitnya ada 10 indikator yang digunakan.

Namun jika disederhanakan, maka kriteria itu menyangkut dengan kemampuan menguasai materi. Berikutnya bagaimana dosen itu menggunakan metode dalam pembelajaran dan ketiga menyangkut dengan sikap, perilaku seorang dosen dalam berinteraksi dengan mahasiswa,"ungkap Uncu.

Terkait dengan keberadaan kampus WI Solsel kedepan yang sudah semakin berbenah diberbagai bidang, Syamsurizaldi optimis anak-anak Solsel yang tamat SLTA akan melirik kampus ini untuk tempat menuntut ilmu nantinya.

Sementara itu, Ketua STKIP WI, Dr. H. Fidel Efendi, menambahkan kegiatan ini adalah bagian dari mengaupdate ilmu para dosen sebelum mereka kembali mengajar. Adapun Dosen yang mengajar di WI saat ini semuanya S2 dan memiliki komptensi yang bagus

Sementara animo masyarakat untuk memilih WI untuk tempat kuliah sudah mulai tinggi saat ini," tambah Fidel Efendi.

Sementara itu, Ketua STIE WI, Novera Wandra, SE. MM mengatakan, lulusan WI ini sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya sudah banyak lulusan STIE WI ini bekerja diberbagai tempat, baik dilingkungan Pemerintah maupun swasta.

Sementara itu Ketua Lembaga Penjamin Mutu Internal (LPMI) WI, Arina Sovia, A. Md, SH. S. E. MM menjelaskan bahwa kegiatan micro teaching ini adalah bagian dari salah satu kegiatan perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas perguruan tinggi.

Sesuai dengan aturan, bahwa setiap PTN maupun PTS diwajibkan untuk menciptakan budaya mutu. Maka dari itu WI Solsel harus pula melakukan usaha peningkatan budaya mutu akademikt tersebut, salah satunya lewat penyiapan dosen yang berkualitas dan profesional," tambah Arina Sovia.

Ditempat terpisah, pengurus Yayasan WI Solsel, Eva Suyani.S.Pi.MM didampingi Kepala Sekretariat WI, Mandra Adrika Putra, S. E mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk melakukan berbagai pembenahan, baik dibidang akademik maupun dibidang administrasi.

Apalagi saat ini WI Solsel telah mendapat bimbingan lansung dari Dr. Syamsurizaldi yang telah menjadi koordinator Sekolah Tinggi. Hal yang sama juga dilakukan oleh para ketua Sekolah Tinggi, Ketua Prodi dan para dosen. Semoga upaya untuk menuju akreditasi yang lebih akan dapat dicapai nantinya. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru