BREAKING NEWS: 5 Warga Tanah Datar Positif Covid-19, Tes Swab Diintensifkan

KESEHATAN-245 hit

BATUSANGKAR - Antisipasi penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus melakukan test swab kepada warga yang kontak erat pasien positif dan pelaku perjalanan dinas.

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar dr. Yesrita Zedrianis katakan, sampai saat ini petugas kesehatan terus melakukan test swab kepada warga yang kontak erat pasien positif dan pelaku perjalanan dinas. Termasuk hari ini (Selasa, 18/8)/2020 di Puskesmas Pagaruyung juga dilakukan tes swab bagi pejabat Forkopimda, anggota DPRD, pimpinan OPD, staf dan non PNS di masing-masing instansi.

Yesrita tambahkan, tes swab juga dilakukan di beberapa puskesmas yang terkonfirmasi di wilayahnya ada pasien positif seperti Puskesmas Pagaruyung, Puskesmas Sungai Tarab, Puskesmas Batipuh dan Puskesmas Lima Kaum II.

Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Datar Hardijono Sidayat, mengatakan di sela waktu menunggu tes swab, bahwa semua yang kontak dengan terkonfirmasi positif Covid 19 harus melakukan tes swab, dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid 19.

"Semua yang melakukan kontak dengan terkonfirmasi positif sebaiknya melakukan tes swab atas kesadaran sendiri, hal ini bukan saja baik untuk diri sendiri, juga lebih untuk keluarga dan lingkungan," tegas Hadijono.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo yang juga melakukan tes swab bersama kajari dan istri masing masing.

Hadir Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, yang melakukan peninjauan pelaksanaan swab di Puskesmas Pagaruyung bersama Sekretaris Daerah Irwandi didampingi Inspektur Altri Suandi dan Kepala Dinas Kominfo Abrar.

Anton Yondra mengatakan, swab secara masif perlu dilakukan gugus tugas. "Lebih banyak yang melakukan swab akan semakin baik dalam rangka pengendalian penyebaran Covid 19," sebutnya.

"Para pimpinan daerah dan anggota DPRD sudah melakukan tes swab, tentu harus diikuti oleh aparatur lainnya" ungkapnya.

Anton menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, tetap menjaga jarak dengan orang lain dan hindari kerumunan serta penting menjaga imun tubuh.

Anton di kesempatan itu menyampaikan atas nama DPRD Tanah Datar mengajak masyarakat memberi dukungan dan doa kepada masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Mari kita berikan dukungan dan semangat kepada saudara-saudara kita yang terkonfirmasi positif, do'akan bisa segera sembuh. Jangan sampai dihujat atau diberi stigma yang tidak baik," pesannya.

Adapun kasus konfirmasi positif Tanah Datar kembali bertambah. Lima orang diinformasikan terinfeksi virus yang awalnya mulai muncul di Wuhan China tersebut.

"Ada tambahan 5 orang terkonfirmasi positif hari ini," sampai Kabid P2P Dinkes Roza Mardiah melalui sambungan telepon.

Dijelaskan 5 orang tersebut yakni :

1. Perempuan, 63 tahun, pekerjaan Dagang, alamat Baringin Lima Kaum

2. Perempuan, 35 tahun, pekerjaan ASN, alamat Padang datar Pagaruyung

3. Laki-laki, 3 tahun, alamat Jorong Parak Jua Lima Kaum

4. Perempuan, 38 tahun, pekerjaan Tenaga Kesehatan, alamat Jorong Batu Basa Pariangan

5. Perempuan, 80 tahun, pekerjaan Ibu Rumah Tangga, alamat Jorong Sawah Tangah Pariangan

Sementara rekapitulasi sampai hari ini, 6 orang suspek, 63 orang terkonfirmasi positif di antaranya, 1 orang dirawat di RSAM Bukittinggi, 1 orang dirawat di RSUP M Jamil Padang, 4 orang di RS Rasidin Padang, 1 orang di BKPSDM Padang, 2 orang di RSUD Padang Panjang, 39 orang isolasi mandiri, 13 orang sudah sembuh dan negatif, 2 meninggal dunia dan pelaku perjalanan 164 orang. (Humas/AP)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru