HUT RI di Payakumbuh Berlangsung Khidmat, Isolasi Diri, Wawako Erwin Yunaz Berhalangan Hadir

PERISTIWA-245 hit

PAYAKUMBUH - Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 tahun 2020 yang digelar di Halaman Kantor Wali Kota Payakumbuh berlangsung sederhana namun khidmat Senin, (17/8).

Sesuai surat bernomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020, didalamnya ada aturan peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, sehingga Upacara digelar secara virtual bersama seluruh Organisasi Perangkat Darah (OPD) Pemko Payakumbuh, TNI, dan Polri akibat kebijakan protokol kesehatan dalam pandemi Covid-19. Namun semangat menyongsong peringatan 3/4 abad Indonesia merdeka ini selalu terpatri dalam setiap jiwa warga negara yang merayakannya.

Wali Kota Riza Falepi menjadi Inspektur Upacara, turut menghadiri Kapolres AKBP Dony Setiawan, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry S Lahe, Kajari Suwarsono, Kakankemenag Ramza Husmen, Ketua DPRD Hamdi Agus, dan unsur lainnya, sementara itu untuk Komandan Upacara didaulat Iptu Imam Teguh dari KBO Satlantas Polresta Payakumbuh.

Baca Juga


Pasukan upacara hanya ada sebanyak 50 orang saja, terdiri dari perwakilan 10 orang masing-masing dari unsur TNI, Polri, Dishub, Pol PP, dan Korpri. Korps Musik dari SMAN 1 Payakumbuh. Upacara dilaksanakan secara sederhana, khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Wako Riza Falepi mengatakan setiap warga negara harus terus mengobarkan semangatnya untuk berjuang demi bangsa ini. Jika dulu para pejuang kemerdekaan berperang melawan penjajah, saat ini Indonesia sedang berjuang melawan Virus Corona.

"Untuk memerangi Virus Corona ini butuh kerjasama dan semangat kita bersama, dalam mewujudkan Payakumbuh bebas Covid-19 maka ikuti himbauan pemerintah dan laksanakan protokol kesehatan," himbau Riza.

"Mari jadikan Indonesia setara dengan negara-negara maju. Menjadikan Indonesia Maju yang kita cita-citakan. Dirgahayu Republik Indonesia! Dirgahayu Negeri Pancasila! Merdeka! Terima kasih," pungkas Riza Falepi meneruskan pesan Presiden RI Joko Widodo.

Wawako Erwin Isolasi Mandiri, Sekda Gantikan Jadi Irup Penurunan Bendera

Upacara Penurunan Sang Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke -75 tahun 2020 di halaman kantor wali kota Payakumbuh berlangsung dengan khdimad.

Suasana begitu mendung setelah Payakumbuh diguyur hujan yang tak begitu lebat selama beberapa menit. Dalam upacara penurunan ini, didalam agenda Inspektur Upacara sebelumnya yang didaulat adalah Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, namun sebab telah mengikuti swab Covid-19, Sabtu (15/8) lalu, diwakilkan kepada Sekretaris Daerah Rida Ananda.

Komandan Upacara dalam penurunan itu adalah Kapten Czi. Joni Forta, Wadanramil 01/Pyk-Kodim 0306/50 Kota.

Dihubungi terpisah, Wakil Wali Kota Erwin Yunaz kepada media menceritakan setelah mendapatkan info dari Tim Gugus Tugas Covid-19 kalau temannya yang berkunjung ke Payakumbuh dua minggu lalu positif Covid-19, Wakil Wali Kota Erwin Yunaz harus mengikuti swab, Sabtu (15/8).

"Iya, teman kita dari Padang, ternyata dinyatakan positif Covid-19, setelah mengetahuinya kita langsung ikut tes Swab tadi pagi di RSUD Adnaan WD Payakumbuh," kata Erwin Yunaz.

Wawako Erwin Yunaz juga mengatakan sesuai protokol Covid-19, dirinya saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah dinas menunggu hasil swabnya keluar.

"Apa mau dikata, kita tidak bisa ikut upacara tahun ini, harys mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Rida Ananda mengatakan Wawako Erwin yang tak berkesempatan menjadi Irup dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI pada tahun ini memang membuat suasana sedikit berbeda, tapi aturan protokol kesehatan tetap harus diberlakukan.

"Saya didalam agenda hanya Irup cadangan, meski menjadi Inspektur Upacara ini penting, namun tentu lebih penting mengutamakan keselamatan dan kepentingan bersama, semoga hasil swab wawako kita negatif Covid-19," kata Sekda Rida.

Ikut Upacara Virtual

Setelah pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 di halaman Balai Kota Payakumbuh, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi beserta unsur Forkopimda Plus bersiap mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi.

Berbeda dari tahun sebelumnya kali ini peringatan detik-detik proklamasi dilakukan secara virtual, karena Payakumbuh belum sepenuhnya bebas dari covid-19.

Peringatan yang berlangsung di Aula Ngalau Indah Lt.III Balai Kota Payakumbuh, Senin (17/08) tersebut berlangsung hikmat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Suara sirine menggema disetiap sudut Kota Payakumbuh pada pukul 10.17 WIB, terlihat peringatan HUT RI di Payakumbuh begitu hikmat.

Dari pantauan media dilapangan, masyarakat Kota Payakumbuh nampak mematuhi imbauan pemerintah dengan mengambil sikap sempurna dan kendaraan yang melintas berhenti selama tiga menit selama peringatan detik-detik proklamasi.

''Selamat HUT Kemerdekaan RI ke-75. Tentunya seluruh masyarakat dapat mengingat jasa pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan dan membalas jasa pahlawan itu, saat ini mari bersama kita perangi covid-19 Merdeka, Indonesia Maju," pungkas Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi didampingi Forkopimda Plus. (med)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru