Disdik Solsel Benahi Fasilitas Pendidikan Dasar Lewat Dukungan DAK Tahun 2020

PENDIDIKAN-441 hit

PADANG ARO - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui dukungan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 gentorkan dana sebesar Rp. 15.249.303.238 untuk rehabilitasi dan pembangunan berbagai fasilitas pendidikan dasar.

"Kami menargetkan tahun ini tidak ada lagi bangunan sekolah baik SD maupun SMP yang rusak, selain itu kita juga menganggarkan untuk pembangunan toiket, perpustakaan dan rumah dinas guru duna penunjang kegiatan PBM,'' kata Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Solsel, Novrizon, S. Pd. M. Si didampingi Kabid PPD, Mulyadi, dan Kasi Sarpras & Kelembagaan bidang PPD Marlina Yeli Yenti, SE

Sedikitnya ada 59 sekolah ( 44 SD, 15 SMP) di daerah ini yang kebagian pembangunan dan rehab fasilitas pendidikan, " tambah Novrizon.

Ia menuturkan upaya perbaikan baik rehab ringan dan berat hingga pembangunan ulang fasilitas sekolah dengan total anggaran sebesar Rp15 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bantuan pemerintah pusat tersebut semuanya dilakukan swakelolah.

Artinya, semua kegiatan diserahkan tanggungjawabnya pada masih-masing sekolah dengan dukungan dari komite sekolah, " terang Novrizon

Novrizon berharap pada masing-masing pimpinan sekolah dan komite sekolah untuk dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan RAB yang telah ditetapkan.

Selain itu juga sangat dibutuhkan partisipasi dari pihak komite untuk menyiasati agar kegiatan pembangunan bernilai tambah dari pagu anggaran yang sudah dialokasikan.

Sementara itu, Kasi Sarpras & Kelembagaan bidang PPD Marlina Yeli Yenti, SE yang juga selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) menjelaskan bahwa 44 Sekolah Dasar (SD) dikucurkan dana sebesar Rp. 8.721.125.838 untuk jenis kegiatan rehabilitasi ruang kelas, perpustakaan, jamban dan rumah dinas.

Selain itu juga ada pembangunan baru Ruang Kelas Baru (RKB) beserta perabotnya dan pembangunan perpustakaan dan jamban sekolah serta pembangunan rumah dinas baru," kata Marlina Yeli Yenti yang biasa dipanggil Yen.

Sedangkan untuk SMP menurut Yen tercatat 15 sekolah yang kebagian dana DAK dengan kucuran dana sebesar Rp. 6.528.177.400. Untuk tingkat sekolah ini selain rehabilitasi ruang kelas, ruang guru dan jamban, tercatat juga untuk kegiatan pembangunan baru labor komputer, labor IPA dan pembangunan rumah dinas baru, " katanya.

"Total kegiatan DAK tahun ini untuk Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Solsel, khususnya untuk rehabilitasi dan pembangunan sarana pendidikan berjumlah Rp. 15 Milyar dengan rincian untuk SD sebanyak Rp. 8,7 milyar dan untuk SMP sebanyak Rp. 6,5 milyar, " demikian Yen. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru