Warga Minang Pangkalpinang Potong 16 Ekor Sapi Qurban

PERISTIWA-805 hit

Penulis: Rep | Editor: Marjeni Rokcalva

PANGKALPINANG - Warga Sumatera Barat yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang Pangkalpinang (IKMP) Bangka Belitung lebaran haji tahun memotong 16 ekor sapi dan 21 ekor kambing qurban.

Keseluruhan hewan qurban itu dipotong di tiga tempat yang berbeda. Pertama di halaman Rumah Gadang Minang Jl. Tiram belakang SPBU Bacang. Di sekretariat IKMP iji dipotong sebanyak 2 ekor sapi. Kedua, di Gedung Serbaguna Paninggahan Jl. Kace sebanyak tiga ekor sapi. Ketiga, di Sekretariat Malalak sebanyak tiga ekor sapi dan empat ekor kambing qurban.

Menurut Ketua IKMP H.Syarifuddin kegiatan qurban warga di hari raya Idul Adha ini sejak belasan tahun lalu terus dillakukan. "Sebelumnya pemotongan hewan qurban Warga Minang dipusat di Masjid Darul Ihwan du Pasar Pagi Pangkalpinang," katanya.

Masjid ini memang dikenal sebagai masjid Minang. Namun semakin bertambah banyaknya warga Minang di Pangkalpinang dan dengan terbentuknya komisariat kabupaten asal maka pemotongan hewan qurban sejak tahun 2010 lalu ada yang melakukan di sekretariat masing masing tapi masih ada yang tetap di Masjid Darul Ikwan.

Seirung dengan berkembangnya pembangunan maka pemotongan hewan di Masjid Darul Ihwan tidak lagi hanya diikuti perantau dari Minang tapi juga warga Pangkalpinang lainnya. "Tahun ini di Masjid Darul Ihwan disembelih sebanyak delapan ekor sapi dan 17 ekor kambing," jelas Ketua IKMP yang sehari harinya PPAT di Kabupaten Bangka Barat ini, Minggu (2/8/2020).

Seperti tahun tahun sebelumnya, usai pemotongann hewan dan setelah daging dipisahkan untuk dibagi kepada warga yang membutuhkan, sebagian daging dimasak untuk makan siang bersama warga Minang. (Rep)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru