Pelatihan Membatik Warga Pasbar dari BLK Padang Panjang Ditutup Yunisra Syahiran

PENDIDIKAN-39 hit

PASAMAN BARAT - Pelatihan Jurusan Membatik MTU (Mobile Training Unit) yang dilaksanakan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang Panjang Disnakertrans Sumbar yang berlangsung 40 hari di Nagari Desa Baru Kecamatan Ranah Bantahan, Kabupaten Pasaman Barat, ditutup Anggota DPRD Sumbar Yunisra Syahiran, Rabu, 15 Juli 2020.

Anggota DPRD Sumbar Yunisra Syahiran dalam sambutannya menyebutkan, semoga para peserta pelatihan bisa menggunakan ilmu membatik yang didapatkan dalam pelatihan di dunia kerja atau membuka usaha membatik sendiri.

"Usaha pakaian merupakan usaha yang tidak pernah berhenti selagi manusia ada, karena manusia butuh pakaian untuk dikenakan dan salah satunya tentu dari bahan dasar batik," sambungnya

Dalam kesempatan terpisah, Kepala BLK Padang Panjang Disnakertrans Sumbar Suryadi Boy Kamis (16/7/2020) menyebutkan, Pelatihan Berbasis Kompetensi Jurusan Membatik MTU yang dilakukan tersebut berasal dari dana Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) Anggota DPRD Sumbar, Ibu Yunisra Syahiran (Fraksi Gerindra). Pelatihan kali ini dilakukan di Nagari Desa Baru, Kecamatan Ranah Bantahan, Kabupaten Pasaman Barat.

"Ada dua paket pelatihan dari dana Pokir Ibu Yunisra Syahiran (Fraksi Gerindra) tahun 2020 ini. Pertama pelatihan Jurusan Processing (16 orang) di Nagari Parit Kec. Koto Balingka Kab. Pasbar dan kedua Jurusan Membatik (16 orang) di Nagari Desa Baru Kec. Ranah Batahan Kab. Pasbar. Pelatihan sumber dana Pokir berlangsung selama 40 hari," tambah Boy.

Dirinci Boy, untuk tahun 2020 pelatihan keterampilan yang bersumber dana Pokir anggota DPRD Prov. Sumbar yang dilaksanakan di BLK Padang Panjang, yakni:

1) 4 paket MTU dana Pokir dari Rafdinal (PKS) lokasi Kab. Agam:

a. Jurusan Menjahit (16 org) di Nagari Balingka Kec. IV Koto Kab. Agam.

b. Jurusan Bed Cover (16 org) di Nagari Sungai Tanang Kec. Banuhampu Kab. Agam.

c. Jurusan Sepeda Motor (16 org) di Nagari Kubang Putih Kec. Banuhampu Kab. Agam.

d. Jurusan Bed Cover (16 org) di Nagari Lasi Kec. Canduang Kab. Agam.

2) 2 paket MTU dana Pokir Mario Syah Johan (Gerindra) lokasi Kab. Solok Selatan:

a. Jurusan Menjahit (16 org) di Nagari Pasir Talang Barat Kec. Sungai Pagu Kab. Solok Selatan.

b. Jurusan Processing (16 org) di Nagari Pasir Talang Kec. Sungai Pagu Kab. Solok Selatan.

3) 2 paket MTU dana Pokir Yunisra Syahiran (Gerindra) lokasi di Kab. Pasbar:

a. Jurusan Processing (16 org) di Nagari Parit Kec. Koto Balingka Kab. Pasbar.

b. Jurusan Membatik (16 org) di Nagari Desa Baru Kec. Ranah Batahan Kab. Pasbar.

Hms-Sumbar/MR

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru