864 Ekor Hewan Kurban Bakal Disemblih Saat Lebaran Idul Adha di Solok Selatan

PERISTIWA-221 hit

PADANG ARO - Pada hari raya kurban tahun ini sesuai data dari Kantor Kementerian Agama Solsel tercatat data hewan qurban yang akan disembelih yaitu sebanyak 864 ekor.

"Pada hari raya Idul Adha 1441 H tahun 2020 di Sulsel, tercatat sebanyak 864 ekor hewan kurban yang akan disebelih berbagai kelompok masyarakat di tujuh kecamatan yang ada di kabupaten tersebut, " kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Sulsel, Arius Mora, Kamis (30/7/2020).

Adapun rincian jenis hewan kurban yang akan di sembelih di tujuh kecamatan yang ada di Sulsel tersebut, diantaranya sapi sebanyak 790 ekor, kambing 53 ekor dan kerbau sebanyak 21 ekor.

Menurut Kabid Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Arius Mora didampingi Kasi Kesehatan Hewan drh. Syerlly Oktarini, bahwa untuk mendukung keterjaminan hewan kurban yang di sembelih itu, pihaknya akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

Artinya pihak Dinas Pertanian nantinya akan mengeluarkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) setelah memeriksa kesehatan hewan.

Selanjutnya akan dilakukan pula pemeriksaan status reproduksi hewan guna mengeluarkan Surat Keterangan Status Reproduksi (SKSR). Maka baru dikeluarkan kartu layak potong hewan kurban, " terang Mora.

Lebih lanjut Arius Mora menambahkan, beberapa hari yang lalu telah dilakukan sosialisasi terkait pelaksanaan korban tahun ini yang mesti di ikuti aturannya oleh berbagai kelompok masyarakat maupun pelaksana kurban di setiap masjid dan musholla yang ada didaerah ini. Agar mengikut protokol kesehatan covid-19.

Bahkan disaat pelaksanaan kurban nanti pihak Dinas Pertanian dan Peternakan Solsel akan turut memantau, dan mendata pelaksanaannya, sehingga pelaksanaan ibadah kurban di daerah ini akan dapat terlaksana dengan baik dan lancar, serta terdata dengan akurat. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru