Disnakertrans Sumbar Lakukan Pembinaan Lembaga Usaha KPB Lunang Silaut

PEMERINTAHAN-78 hit

SILAUT - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov Sumatera Barat melakukan kegiatan pembinaan pengelolaan kelembagaan usaha masyarakat di Kawasan Perkotaan Baru (KPB) Lunang Silaut Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis 16 Juli 2020. Kegiatan pembinaan dibuka Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov Sumatera Barat Nazrizal diwakili Kabid Transmigrasi Rini Yuliet, SP bertempat di Aula Kantor Camat Silaut.

Tampak hadir dalam pembukaan acara, tuan rumah Camat Silaut, dan Camat Lunang. Pembina dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov Sumatera Barat, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Pesisir Selatan, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kab. Pesisir Selatan.

Acara diikuti 24 orang peserta dari Pengurus lembaga Usaha, Bumnag, Wali Nagari, Kelompok Tani, Koordinator Badan Penyuluh Pertanian Kecamatan Silaut. Diantara peserta berasal dari unit usaha pada lembaga Rice Milling Plant ( RMP). Industri Pengolahan Jagung (IPJ), Industri Pengolahan Pupuk Granular ( IPOG), Islamic Center, UPJA ( Alsintan), Pasar, Rumah Pintar, Batik Tanah Liek ,Himpunan Wira Usaha Transmigrasi ( HW Trans), Kelompok Tani Pengolah Jahe Merah dan Kunyit Instan.

Rini Yuliet menyebutkan, dengan adanya Lembaga Himpunan Wirausaha Ketransmigrasian merupakan suatu wadah untuk pengembangan wirausaha di kawasan transmigrasi dan pemukiman disekitarnya. Membuat trans dan pendidikan disekitar kawasan mendapatkan pengetahuan dalam mengembangkan kewirausahaan di lokasi trans, sehingga mampu menghasilkan produk pengolahan dari hasil pertanian dan perkebunan.

Ia juga menyinggung tentang Kota Terpadu Mandiri (KTM) yang ada di kawasan transmigrasi. Ini merupakan terobosan inovatif dengan menggunakan instrumen transmigrasi.

"Pengembangan kawasan transmigrasi harus melibatkan berbagai pihak baik itu kementerian, Lintas Sektor, lembaga, swasta dan perbankan untuk sama-sama menumbuh kembangkan kawasan transmigrasi," tambahnya.

KTM bertujuan untuk menciptakan sentra-sentra agribisnis dan agroindustry. Kawasan ini akan membuka kesempatan kerja dan peluang usaha, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para transmigran dan penduduk sekitar di Kawasan Transmigrasi. Kegiatan Pembinaan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 16 s/ d 17 Juli 2020.

Acara disudahi dengan kunjungan lapangan ke lembaga usaha, dan kelompok tani. Sumber dana Kegiatan ini dari APBD Dinas Nakertrans Prov. Sumbar Tahun Anggaran 2020. Hms-Sumbar/BM

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru