Kunjungi Gelora Energy, Ketua KONI Sumbar Berharap Perusahaan Lain Mengikuti Supreme Energy

OLAHRAGA-1055 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

PADANG ARO - Ketua Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Barat, Syaiful berharap akan lebih banyak lagi perusahaan di Sumatera Barat yang mengikuti jejak PT Supreme Energy Muaralabuh yang berpartisipasi aktif dalam memajukan olahraga di Sumatera Barat.

"Ini merupakan berkah bagi Kabupaten Solok Selatan khususnya dan dunia olahraga Sumbar pada umumnya, kita berharap akan ada lebih banyak lagi perusahaan yang berpartisipasi memajukan olah raga di Sumbar," ujarnya pada saat mengunjungi Stadion Gelora Energy yang dibangun oleh perusahaan swasta PT. Supreme Energy Muaralabuh (SEML) di Pekonina, Solok Selatan usai melantik Pengurus KONI Solsel, Senin (20/7/202)

Syaiful juga mengapresiaai Pengurus Koni yang mampu menjalin kerjasama dengan Pemerintah, pihak Perusahaan dan pihak swasta lainnya dengan baik.

Hal ini dibuktikan banyaknya fasiltas olahraga yang dibangun, diantara stadion Gelora Ebergy di Pekonina, berbagai fasilitas lainnya dilingkungan perusahaan yang ada di kabupaten berjuluk Nagari Saribu Rumah Gadang itu.

Sedangkan Anggota DPRD Sumatera Barat, Mario Syahjohan yang turut serta berkunjung saat itu mengaminkan harapan Ketua Koni Sumbar itu. Ia juga berusaha untuk mendorong perusahaan-perusahaan yang ada di Sumatera Barat untuk lebih aktif mendukung dunia olah raga.

"Kami terus berupaya agar semua pihak terlibat aktif untuk memajukan olah raga di Sumatera Barat," ujar Mario yang juha mantan Ketua KONI Solok Selatan tersebut.

Terkait dengan fasilitas Gelora Energy yang cukup megah di bangun oleh PT. SEML, menurut Mario hal ini harus di iringi oleh pihak Pemerintah untuk menganggarkan dana perawatan.

Artinya apa saja bentuk bangunan yang dilakukan, hendaknya harus di iringi dengan perencanaan anggaran perawatan oleh Pemerintah. Termasuk untuk anggaran perawatan yang akan dilakukan pasca akan diserahkannya fasilitas stadion Gelora Energy oleh pihak PT. SEML pada Penerintah Solok Selatan, " terang politisi Gerindra itu.

Hal ini penting kata Mario, karena yang memperjuangkan untuk di bangunnya kembali lapangan bola itu peran wartawan sangat tinggi mendesak pimpinan perusahaan PT. SEML.

Pasalnya lapangan bola yang ada sebelumnya di Pekonina terkena dampak pembangunan oleh perusahaan panas bumi tersebut. Maka dari itu, tinggal kita (Pemerintah Daerah-red) menyiapkan lagi biaya perawatanya," ungkap Mario.

Sementara itu, Ketua DPRD Solsel, Zigo Rolanda mengapresiasi pihak PT. Supreme yang telah membangun fasilitas olahraga yang cukup megah dan mewah.

Zigo menilai, investasi yang dilakukan PT. SEML ini, setahunya melebihi investasi yang dilakukan PT. Semen Padang. Maka atas nama wakil rakyat Ia wajib untuk mengapresiasi pihak perusahaan dalam melakukan usaha di daerah ini. Apalagi CSR yang diberikan pada berbagai pihak didaerah ini cukup banyak meski belum mulai beroperasi perusahaan tersebut dulunya.

"Apalagi saat ini bukti nyata untuk mendukung pemerintah umumnya, olahraga khususnya di Solsel juga sudah diwujudkan, yaitu pembangunan GOR yang diberi nama " Gelora Energy", " terang Zigo Rolanda yang juga politisi Gorkar itu.

Sekaitan dengan lapangan bola kaki yang dibangun Supreme, menurut Zigo juga sangat baik, dan termasuk lapangan yang sangat respentatif, karena jenis rumput yang dipakai adalah rumput terbaik yang dikenal dengan Zoyzia Matrella (ZM) atau biasa disebut rumput Manila," ungkap Zigo

"Dari awal pembangunan stadion oleh pihak PT. SEML sudah berkoordinasi dengan kami, termasuk masalah rumput yang akan dipakai untuk lapangan disana, " terang Zigo Rolanda

Makanya lapangan bola kaki ini nanti tidak bisa dipakai setiap hari. Hal ini dikarenakan rumput yang dipakai untuk lapangan itu tidak rumput biasa. Jadi nanti, pengelolah harus betul-betul menjaga lapangan yang memiliki rumput berkualitas tersebut.

"Masalah penggunaan lapangan ini menjadi diskusi serius kami dengan pihak Supreme, jika nanti sudah dihibahkan ke Pemerintah, " ungkapnya.

Artinya pihak pengelolah betul-betul serius nantinya menjaga dan merawat stadion tersebut secara baik, apalagi untuk mengatur penggunaan lapangan bola kakinya yang rumputnya tidak rumput biasa. Bisa jadi lapangan itu bisa dipakai dua atau tiga kali dalam seminggu.

Sebagai Ketua Askb PSSI Solsel, Ia juga akan mendorong terlaksananya iven-iven tingat nagari maupun tingkat kecamatan, Bahkan pihaknya berencana akan menggelar liga untuk menumbuh kembangkan olahraga sepak bola, dan untuk memanfaatkan lapangan yang megah tersebut.

Di tempat terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Solok Selatan Abdul Rahman juga mengajak seluruh perusahaan besar yang ada di Solok Selatan untuk membina satu cabang olah raga unggulan.

"Kalau satu perusahaan satu cabang olahraga, maka olahraga di Solok selatan akan semakin maju dan meningkat," ujarnya di Padang Aro, Senin (20/7).

Ia juga berencana akan membangun perkampungan atlit yang terintegrasi dengan Komplek Stadion Gelora Energy.

"Kita rencanakan untuk membangun wisma atlet untuk menampung atlet atlet apabila kita menggelar even besar nantinya," tukasnya. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru