Diikuti 9224 Peserta, Pelaksanaan UTBK Tahan I di UNP Berjalan Lancar

PENDIDIKAN-184 hit

PADANG - Selasa 14 Juli 2020 berakhir sudah pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) tahap I di Universitas Negeri Padang. Ujian sendiri dilaksanakan mulai tanggal 5 Juli lalu.

Pelaksanaan ujian UTBK --SBMPTN 2020 tahap I di Universitas Negeri Padang diikuti oleh 9224 orang peserta, dengan menggunakan 59 Laboratorium Komputer yang tersebar di beberapa Fakultas dan Unit di Universitas Negeri Padang. Pelaksanaan UTBK-SBMPTN dilakukan 2 sesi setiap hari. Peserta yang tidak hadir sebanyak 516 orang , tanpa alasan.

Koordinator Sekretariat UTBK-SBMPTN Universitas Negeri Padang Drs. Yushamdi yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan UNP mengatakan, proses pelaksanaan ujian tahap 1 ini berjalan lancar.

Walaupun ditengah pandemik Covid-19, tampak semangat dan antusias peserta UTBK-SBMPTN 2020, hal ini ditunjukkan dengan tingginya jumlah peserta yang hadir yakni sebesar 94,4 persen.

Gunakan Protokol Kesehatan Covid-19

Sementara itu, dalam kesempatan terpisah, Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D menjelaskan, bahwa pelaksanaan UTBK-SBMPTN dimasa pandemik Covid-19, UNP menerapkan protokol dan standar kesehatan dengan ketat. Dimana setiap peserta wajib menggunakan masker, wajib mencuci tangan dengan air mengalir dan melakukan pengukuran suhu tubuh sebelum memasuki gedung laboratorium.

"Kami juga menyediakan : hand sanitizer, masker cadangan, dokter, ambulance, poliklinik dan keamanan, serta melakukan penyemprotan disinfektan setiap selesai sesi ujian guna mensterilkan kembali ruangan ujian sebelum dan setelah pelaksanaa tes. Selain itu setiap teknisi laboran dan pengawas diwajibkan memakai masker, face shield dan sarung tangan selama Ujian berlangsung. Ketiga atribut ini diganti disetiap sesinya", jelas Rektor.

Lebih lanjut Prof. Ganefri, Ph.D menambahkan bahwa pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 ini dimana setiap labor hanya diisi 50 persen dari kapasitas ruangan.

Menurut Prof. Dr. Yunia Wardi, M.Si, selaku Ketua Penyelenggaran UTBK-SBMPTN 2020 UNP dilakukan dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan dari tanggal 5 sampai dengan 14 Juli 2020, selanjutnya tahap kedua dimulai tanggal 20 Juli 2020.

Pengumuman kelulusan akan disampaiakan pada 20 Agustus 2020 pada laman resmi Universitas Negeri Padang. (Humas UNP/MR)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru