Siapkan Modul Mapel, SMAN 1 Solsel Kerjasaman dengan UNP

PENDIDIKAN-240 hit

PADANG ARO - Mengahadapi Proses Belajar Mengajar Tahun Pelajaran 2020/2021, SMA Negeri 1 Solsel akan bekerjasama dengan Universitas Negeri Padang (UNP).

Kerjasama yang dilakukan menurut Kepala SMAN 1, H Asril adalah untuk mempersiapkan modul setiap Mata Pelajaran (Mapel) dengan metode Learning Management System (LMS).

Terkait dengan telah ditetapkannya kegiatan PBM yang belum diperbolehkan untuk tatap muka, sebagaimana Surat Edaran Bupati Solsel Nomor, 400/328/DPKO-2020 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Pelajaran 2020/2021 Di Masa Pendemi Corona Virus Disiese 2019 (Covid-19).

Dimana sistem PBM yang akan dilakukan sekolah saat ini (dua bulan kedepan-red) adalah dengan cara Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Jaringan (Luring). Maka pihak sekolah berinisiatif mencari metode pembelajaran yang sangat tepat, salah satunya adalah dengan motede LMS, dan hal ini dikerjasamakan dengan UNP, " ungkap Asril

Dijelaskannya, metode LMS ini selain mengurangi biaya karena sistem online, juga akan dapat meningkatkan efektivitas pemamfaatan waktu, karena dapat diakses secara online. Bahkan belajar dengan metode LMS, tingkat kualitas pembelajaran tidak kalah dengan cara pembelajaran tradisonal.

"Bentuk kerjasama dengan UNP adalah untuk mempersiapkan modul setiap Mapel dalam bentuk soft file, setelah dimusyawarahkan sebelumnya dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), " terang Asril.

Learning Management System (LMS) adalah sebuah aplikasi software yang dapat membantu yang dapat membantu merencanakan, mengimplementasikan sebuah proses pembelajaran," tambah Asril

Kedepan dengan sistem pembelajaran online/digital dengan metode LMS ini sifatnya sudah full online, maka distribusi pembelajaran antara siswa dan guru sepenuhnya dilakukan via perangkat komputer / HP Android," tambah Asril.

"Kelas virtual atau kelas online bisa dibilang menjadi fitur paling penting dalam LMS. Pasalnya, melalui fitur ini kita bisa mengintegrasikan sistem pembelajaran kepada seluruh siswa, " jelasnya.

Materi modul pembelajaran itu akan dikirim langsung pada setiap siswa dengan soft file berbentuk PDF untuk satu semester. Anak-anak hanya bisa membuka file pelajaran tersebut per pokok pelajaran. Artinya tidak bisa semua bahan pelajaran yang satu semester tersebut dapat dibuka lansung," kata Asril.

Sementara itu, Plt. Kadisdikpora Solsel, Novrizon ditempat terpisah berharap agar seluruh kepala sekolah harus mendata seluruh siswa, terkait pelaksanaan PBM sistem Daring dan Luring, yang dimulai 13 Juli sampai 13 September nanti.

"Sehingga metode pembelajaran yang dilaksanakan betul - betul sampai pada siswa disetiap jenjang pendidikan di daerah ini," demikian Novrizon. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru