FKDM Harus Aktif Cegah Konflik Ditengah Masyarakat Solsel

PEMERINTAHAN-154 hit

PADANG ARO - Keberadaan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Solsel, diharapkan untuk berperan aktif mencegah terjadinya konflik ditengah kehidupan masyarakat.

"Pasalnya saat ini, selain masalah pendemi covid-19 yang tengah terjadi di negeri ini, jelang pesta Pilkada serentak juga sangat berpeluang munculnya konflik ditengah masyarakat, " kata Sekdakab Solsel H. Yulian Efi saat membuka acara FKDM Kabupaten Solsel di aula Tangsi Ampek, Swlasa (14/7/2020)

Hadir pada acara tersebut, Asisten I Sekdakab. Solsel. Dr. H. Fidel Efendi, Plt. Kesbang Polinmas Suwirman, Pengurus Karang Taruna Kabupaten, Jasrianto.

H. Yulian Efi berharap Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) agar berperan aktif mencegah terjadinya konflik ditengah masyarakat.

"FKDM diharapkan merespon cepat dan tanggap terhadap sekecil apapun persoalan ditengah masyarakat guna mencegah terjadinya konflik sosial," kata Yulian Efi

Ditambahkannya, dengan cepat tanggap FKDM ditengah suasana Pandemi Covid-19, serta semakin dekatnya pelaksanaan Pilkada serentak tentu menjadi salah satu cata untuk pencegahan terjadinya konflik sosial ditengah masyarakat. Sehingga terciptanya suasana aman dan nyaman di kabupaten yang kita cintai ini, " harap Yulian Efi.

Dia melanjutkan terhadap persoalan yang tidak mungkin dapat diselesaikan agar segera disampaikan ke koordinator untuk dicarikan solusinya.

"Dengan demikian setiap persoalan yang timbul dapat segera diatasi. Muaranya harmonisasi kehidupan masyarakat berjalan sebagaimana mestinya dan kerukunan masyarakat akan tetap utuh sebagaimana mestinya ," jelasnya.

Sementara itu Koordinator FKDM sekaligus Plt Kepala Kantor Kesbangpol Solsel Suwirman mengatakan FKDM beranggotakan pejabat terkait di Pemkab Solsel serta perwakilan tokoh masyarakat dari setiap kecamatan.

"Tugasnya menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data serta informasi mengenai potensi ancaman, tantangan, hambatan serta gangguan yang terjadi di kabupaten Solok Selatan," katanya.

Dia menambahkan terhadap persoalan yang bisa diselesaikan diharapkan untuk melakukan penyelesaian segera. Sebaliknya jika suatu masalah atau informasi yang tidak dapat diselesaikan, agar segera mengkomunikasikannya dengan pihak terkait.

"Terhadap segala informasi dari FKDM akan disampaikan kepada tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan, untuk direspon dan dicarikan solusi terbaik," jelasnya. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru