Pertama di Sumbar, Nagari Talu Sukses Laksanakan Pemilihan Bamus Secara Lansung

PEMERINTAHAN-852 hit

PASAMAN BARAT - Pemerintah Nagari Talu, Kecamatan Talamau , Kabupaten Pasaman Barat Sukses mengadakan Pemilihan Anggota Badan Musyawarah Nagari (Bamus)/Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) Talu secara lansung dan sistem ini dianggap pertama di Provinsi Sumatra Barat, Kamis (9/7/2020).

Ketua Panitia Pemilihan Bamus Nagari Talu Yondrizal SH.MH mengatakan pemilihan Bamus di Nagari Talu dengan sistem demokrasi atau secara langsung merupakan hasil kesepakatan bersama dan tak lepas dari aturan yang ada.

"Ya, kita melakukan pemilihan Bamus dengan sistem Lansung, artinya seluruh masyarakat Nagari Talu memiliki hak untuk memilih siapa calon Bamus yang diangy lebih berkompeten ," Jelasnya.

Baca Juga


Dikatakannya, sistem pemilihan Bamus lansung ini persis sama dengan pemilihan Legislatif maupun eksekutif, artinya disetiap TPS ada Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang siap melayani para pemilih untuk mencoblos serta juga dilengkapi saksi dari para calon Bamus.

Lebih lanjut ia menerangkan, untuk melaksanakan pemilihan Bamus secara langsung ini, pihaknya telah mempersiapkan sejak bulan Maret 2020, mulai dari kesepakatan sistem pemilihan, pembuatan aturan, pembukaan pendaftaran , penyeleksian, Persiapan surat suara hingga pembentukan para relawan Petugas TPS sehingga terlaksana pemilihan ini .

"Alhamdulillah hari ini kita melihat bersama pelaksanakan pemilihan langsung Bamus Nagari Talu berjalan dengan amam dan lancar, namun ini tetap akan kita evaluasi sejauh mana hasil dari Pemilihan ini untuk kemajuan Nagari Talu," jelasnya.

Diingatkannya, pemilihan langsung Bamus ini secara tidak langsung dapat mengedukasi masyarakat Talu tentang hal demokrasi ditingkat nagari dan secara tidak langsung masyarakat juga dapat mengetahui apa itu Bamus serta fungsinya .

"Jumlah calon Bamus sekitar 38 orang, Nantinya akan terpilih 8 orang ditambah 1 orang untuk keterwakilan perempuan, untuk Daerah Pemilihan meliputi Jorong Perhimpunan, Jorong Merdeka, Jorong Tabek Sirah, Jorong Sungai Janiah dan Jorong Patomoan," Terannya.

Ia juga menyampaikan, untuk daftar pemilih tetap berjumlah 6.122 orang dengan jumlah laki-laki 3.127 orang dan perempuan 2.995 orang yang dibagi menjadi 20 Tempat Pemilihan Suara (TPS).

"Perhitungan suara dilaksanakan di TPS masing-masing dan rekapitulasi akan dilaksanakan di sekretariat panitia pemilih nantinya dan Pada Jum'at tanggal 10 Juli baru akan di umumkan secara resmi pemenangnya,"katanya.

Sementara itu, informasi yang kita himpun dari sejumlah TPS yang ada, untuk tingkat partisipasi masyarakat memberikan suara berkisar 70-75 persen. (De)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru