Pantau Kemajuan Atlet Selama Pandemi, KONI Sumbar Lakukan Tes Fisik II

OLAHRAGA-142 hit

PADANG - KONI Sumbar menggelar tes fisik tahap kedua kepada 142 atlet dari 25 cabang olahraga Sumatera Barat yang lolos ke arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Provinsi Papua, Senin (29/6/2020) di Sport Hall GOR H Agus Salim Padang. Tes fisik kedua ini dipimpin Konsultan Fisik KONI Sumbar Dr Rina Ambar Dewanti.

Sekretaris Umum KONI Sumbar Irnaldi Samin ketika memulai kegiatan mengatakan, tes fisik tahap 2 diikuti 142 atlet dari 25 cabang olahraga selama dua hari, 29-30 Juni 2020. Tes fisik dibagi empat gelombang, pagi dan siang selama dua hari Senin hingga Selasa (29-30 Juni 2020).

"Tes fisik ini tidak terlepas untuk mengevaluasi sejauh mana ketahanan fisik atlet Sumbar dan sekaligus melihat apakah program latihan mandiri selama pandemi Covid-19 efektif dan benar-benar dilakukan para atlet," sebut Irnaldi Samin.

Ketua KONI Sumbar Syaiful melalui Wakil Ketua Fazril Ale yang juga sekaligus Ketua Tim Teknis TC PON XX Papua, mengatakan tes fisik sangat penting dilakukan guna melihat kebugaran atlet dan sekaligus menyatakan atlet Sumbar selama pandemi tetap latihan dengan baik.

Fazril Ale mengharapkan kepada tim pelatih agar selalu mendampingi atlet dari berbagai kegiatan termasuk tes kemampuan fisik. Namun, tidak diwajibkan semua tim palatih hadir, tapi salah seorang yang mewakili.

Kemudian, setelah semua atlet mengikuti tes kemampuan fisik, maka Sabtu (4/7/2020) maka dilanjutkan dengan rutinitas latihan bersama.

Ia juga menyebutkan, KONI Sumbar juga akan menggelar training camp (TC) ke daerah tetangga. Gunanya untuk mengukur kemampuan atlet. TC ini akan diprioritaskan kepada Cabor terukur.

Konsultan Fisik KONI Sumbar DR. Rina Ambar Dewanti mengatakan, dalam melakukan tes kemampuan fisik lebih menekankan kepada empat kemampuan dari 10 parameter kemampuan fisik.

"Terutama ditekankan kepada ketahanan dan kecepatan," ujar Rina. (MR)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru