Wabup Arrival Boy dan Wartawan Ikut Pool Test Covid-19 di Dinkes Sijunjung

KESEHATAN-548 hit

SIJUNJUNG - Sebanyak 641 orang warga Sijunjung, Sumatera Barat, melakukan Pool Test Covid-19 yang dilakukan Dinas Kesehatan Sijunjung. Menariknya diantara yang melakukan pool test, terlihat Wakil Bupati Sijunjung, H.Arrival Boy dan salahseorang wartawan yang sehari-hari bertugas di Kabupaten Sijunjung. Disaksikan Kepala Dinas Kesehatan Sijunjung, Drg Ezwandra,MSc dan Kabid Yankes, Isman, Apt.MKes, Wabup Arrival Boy jalani pool test swab.

"Setiap kita itu harus wajib jalani pool test swab. Jangan hanya warga masyarakat saja yang di swab. Apa salahnya anggota DPRD, Tim Gugus Tugas dan Kepala Dinas-Kepala Dinas dan Wartawan juga mesti dilakukan juga untuk mencari sample nya. Karena kita tidak tahu kondisi sebenarnya,"terang Wabup Sijunjung, Arrival Boy usai lakukan Pool Test Covid Sawab pada Senin (22/6/2020) sebagai contoh pada pejabat lainnya.

"Kalau kita-kita Tim Gugus Tugas, OPD-OPD, anggota DPRD, Forkopimda, Walinagari, Camat dan ini malah lebih penting, karna mereka berhubungan langsung dengan banyak pihak,"jelas Arrival Boy. "Ayo, kita ikuti pool test swab,"ajak Arrival Boy.

Tak hanya Wabup Arrival Boy, pada waktu itu, Pemred Jurnalsumbar.Com, Saptarius juga menjalani pool tes swab. "Setiap kita yang sering melakukan perjalanan memang sebaiknya jalani pool test swab agar jelas kondisi kita. Untuk itu saya juga ajak rekan-rekan, ayo kita ikuti pool test, swab"ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sijunjung, Ezwandra, menyebutkan, pada Senin (22/6/2020) ini, sebanyak 641 warga lakukan pool test swab di kantor Dinkes. Terdiri dari, unsur Puskesmas Sijunjung 196, Gambok 140, Lubuktarok 130, Muarobodi 107 dan Padanglaweh 68 sample.

Disebut Ezwandra, pada Selasa (23/6/2020), pool test swab dilaksanakan di Puskesmas Tanjungampalu terhadap 442 sample. Dengan rincian, dari Puskesmas Tanjung Ampalu 175 sample, Padangsibusuk 91, Kumanis 87 dan Sumpurkudus 89 sample.

Tak hanya itu, pelaksanaan pool test swab juga dilakukan di Puskesmas Sungailansek terhadap 565 sample. Dengan rincian, puskemas Sungailansek 102 sample, Tanjung Gadang 206, Kamang 181dan Aie Amo 76 sample.

"Semua pembiayaan dibiayai APBD Provinsi Sumbar dengan biaya diperkirakan 2.991.6000.000. Tujuan dari Pool Test yakni, untuk; mengidentifikasi insiden Covid-19 di Kabupaten Sijunjung dan mengidentifikasi individu yang terinfeksi di Kabupaten Sijunjung yang menjadi dasar untuk melakukan tracing,"terang Ezwandra.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Sijunjung, Sumatera Barat, Rizal Efendi selaku Juru bicara Penanganan Covid-19, menyebutkan pelaksanaan pool test di daerah itu dilaksanakan pada Senin hingga Rabu (22-24 Juni 2020) akan datang.

"Pelaksanaan ini kita lakukan berdasarkan surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Nomor : 443.3/126/Dinkes-P2P/VI/2020 dengan perihal data jumlah penduduk dan KK per Nagari untuk dilakukan pool test dalam survei cepat insiden Covid-19 di Kabupaten Sijunjung untuk menghitung angka insiden Covid-19 secara real," ungkap Rizal Efendi kepada Jurnalsumbar.Com, Senin (22/6/2020).

Dikatakan Rizal, pelaksanaan pool test itu dilaksanakan di delapan Kecamatan oleh Dinas Kesehatan melalui wilayah kerja Puskesmas masing-masing.

"Swab masal ini ditujukan kepada masyarakat umum ditiap nagari secara gratis," terangnya.

Ia berharap setelah diadakan pool test tersebut agar bisa memastikan bahwa kabupaten Sijunjung memang benar-benar pada zona hijau. Ius/MR

Loading...

Komentar

Berita Terbaru