Warga Mentawai Positif Baru Covid-19 Bekerja di Pelabuhan Muara Siberut

KESEHATAN-279 hit

TUAPEIJAT - Adanya pengumuman penambahan satu warga Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumbar positif Covid-19 oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Minggu pagi, merupajan kasus pertama di Pulau Siberut. Warga tersebut seorang pria warga dan dinyatakan positif Covid-19 setelah hasil pemeriksaan swabnya oleh Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, Padang pada Minggu (21/6/2020) keluar.

Lahmuddin Siregar, Kepala Dinas Kesehatan Mentawai sekaligus Juru Bicara Perkembangan Pencegahan Penyebaran Covid-19 (Corona Disease-19) di Mentawai pada Minggu, (21/6/2020), menyebutkan, penambahan kasus pasien positif baru ini, sekaligus kasus perdana dari Pulau Siberut.

Pasien perdana dari Pulau Siberut tersebut adalah seorang pria berusia 45 bekerja di Unit Penyelenggara Pelabuhan Muara Siberut atau Syahbandar berkantor di Desa Maileppet, Kecamatan Siberut Selatan, kini pasien tersebut sedang isolasi di Puskesmas Muara Siberut.

Pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19 terkonfirmasi setelah dilakukan swab kedua yang hasilnya keluar pada Minggu, (21/6/2020), hasil swab pertama pada Minggu, (14/6/2020) dinyatakan negatif.

Terkait dengan riwayat perjalanan dan kontak erat pasien tersebut kini tim belum bisa ditelusuri Gugus Tugas Kabupaten Kepulauan Mentawai karena terkendala jaringan komunikasi di Kecamatan Siberut Selatan.

Data akumulatif pasien yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai sebanyak 8 orang, 7 pasien sudah dinyatakan sembuh, dan berasal dari Pulau Sipora, sementara satu pasien baru berasal dari Siberut Selatan.

Lahmuddin tetap mengimbau masyarakat jangan abai, tetap menjaga kasehatan, menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan tetap menerapkan protokol kesehatan, menghindari kerumunan.

"Selain gunakan masker, cuci tangan, jaga jarak juga olahraga teratur, konsumsi makanan beraneka ragam dan bergizi seimbang, hindari kerumunan," ucap Lahmuddin. (MR/Editor)

Sumber: Mentawaikita.com

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru