Puskesmas Muara Labuh Solsel Terus Pacu Uji Swab Gratis di Seluruh Nagari

KESEHATAN-134 hit

PADANG ARO - Jajaran Dinas Kesehatan Solsel, Sumbar terus melalukan pengambilan sampel uji swab hingga ke nagari-nagari yang ada di kabupaten tersebut. Hari Sabtu (20/6/2020) ini, tercatat ada penambahan pengambilan sampel swab sebanyak 41 orang di wilayah kerja Puskesmas Muara Labuh.

Pada hari ini, dari tiga lokasi yaitu, di Nagari Pasir Talang, Nagari Pasir Talang Barat dan Nagari Bomas tim medis Covid-19 Puskesmas Muara Labuh telah mengambil sampel swab 41 orang, " kata Kepala Puskesmas (Kapus) Muara Labuh, Esi Cendrawati, A. Pt, usai memantau pengambilan swab di Nagari Bomas Koto Baru, Sabtu (20/6/2020).

Sejak dimulai pengambilan swab tiga hari lalu hingga hari ini, tercatat sudah 155 jumlah pengambilan swab dilakukan pihak Puskesmas Muara Labuh, " tambah Esi.

Sesuai dengan program Pemkab. Solsel untuk mendeteksi secara dini, guna mencegah penyebaran virus Covid-19. Tercatat target Solsel untuk uji swab massal sebanyak 1645 sampel.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Solsel, Dr. H. Nivirman, S. KM, MM, mengatakan bahwa pelaksanaan uji swab yang dilakukan secara gratis itu ditetapkan secara proporsional didasarkan pada jumlah KK pada setiap kecamatan, sehingga diharpkan akan diperoleh sebanyak 1645 sampel.

Pelaksanaan pengambilan uji swab ini adalah kerjasama Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, serta Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi (PDRPI) Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Diharapkan tingkat kesadaran masyarakat untuk ikut melakukan uji swab tersebut dalam rangka keterjaminan keluarga masyarakat Solsel secara umum dari terpapar Covid-19.

"Pasalnya kegiatan uji swab ini bertujuan untuk mendeteksi secara dini guna mencegah penyebaran virus ini di tengah-tengah masyarakat melalui metode pengambilan sampel dengan Multistage random sampling," terang Novirman.

Hingga hari ini, Sabtu (20/6/2020), total pengambilan swab dari 8 Puskesmas yang ada di Solsel tercatat sebanyak 824 sampel, dengan rincian, Puskesmas Sungai Kalu 31 sampel, Pakan Rabaa 60 sampel, Muara Labuh 155 sampel dan Puskesmas Pakan Selasa 172 sampel.

"Berikutnya Puskesmas Lubuk Gadang 220 sampel (terbanyak hingga hari ini), Puskesmas Bidar Alam 45 sampel, Mercu 31 sampel dan Puskesmas Abai sebanyak 110 sampel, " demikian Novirman. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru