KKN Tematik Mendorong Gagasan Kreatif di Nagari

PENDIDIKAN-96 hit

PADANG - Dalam rangka penguatan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik 2020 "Bakti untuk Nagari" di Provinsi Sumatera Barat, Universitas Andalas yang setiap tahun mengadakan KKN, menyiapkan diri dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) melalui Zoom Meeting, Kamis (18/6/2020).

Tampil lima nara sumber yaitu Prof. DR. Elfindri, SE.,MA (Guru Besar Ekonomi Unand), DR. dr. Yevri Zulfikar, Sp.B (Direktur RS Unand), Drs. H. Syafrizal Ucok, MM (Kadis PMD Sumbar), DR. Ir. Eri Gas Eka Putra (Ketua NDC) dan DR. Aidinil Zetra (Wakil Dekan Fisip Unand). FGD ini dibuka langsung oleh Rektor Unand Prof. DR. Yuliandri, SH.,MH.

FGD ini dimaksudkan untuk menghimpun masukan dari para pakar dan pejabat teknis, sehingga diperoleh kemasan KKN yang terintegrasi dengan pembangunan nagari sesuai dengan harapan dan tujuan KKN Tematik 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM dalam FGD ini mengatakan, KKN yang terintegrasi dengan pembangunan nagari/desa merupakan revitalisasi KKN, dimana KKN dirancang dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat. Sehingga KKN Tematik ini ke depan diharapkan menjadi inisiatif gerakan bersama membangun nagari/desa.

Menurut Syafrizal Ucok, bagi masyarakat nagari/desa, KKN akan menumbuhkan gagasan kritis masyarakat terhadap permasalahan yang terjadi di znagari/desa dan sekaligus menumbuhkan gagasan kreatif untuk mencarikan solusinya.

Bagi mahasiswa, kegiatan KKN akan memperluas ruang untuk belajar bersama masyarakat tentang pembangunan nagari/desa. "Sinergi masyarakat nagari dan mahasiswa KKN serta pemerintahan nagari merupakan kekuatan yang besar jika mampu dikolaborasikan dengan baik," kata Syafrizal Ucok.

Menyangkut wabah pandemi Covid-19 ini, Syafrizal Ucok juga menyinggung dalam FGD ini kegiatan di nagari yaitu penyaluran BLT Dana Desa, April-Juni. Saat ini BLT Dana Desa sudah memasuki pencairan bulan kedua.

Memasuki new normal, nagari/desa di Sumbar akan fokus pada PKTD (Padat Karya Tunai Desa) yaitu proyek fisik dengan Dana Desa yang melibatkan tenaga kerja harian. Selain itu mendorong penguatan aktifitas Bumnag untuk membangkitkan perekonomian di nagari/desa. (Je)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru