Pemkab Solsel Siap Dukung Pilkada Serentak 9 Desember 2020

POLITIK-591 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

PADANG ARO - Terkait dengan akan dimulainya pelaksanaan tahapan Pilkada serentak pada 15 Juni 2020, guna mendukung pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020. Pemda Solsel, Sumbar meminta pihak KPUD dan Bawaslu Solsel untuk segera melakukan rasionalisasi atau merevisi anggaran.

"Menyikapi pelaksanaan tahapan Pilkada dan pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 yang sudah dekat, diminta pada KPU dan Bawaslu untuk merasionalisasi anggaran sesuai kebutuhan dan situasi dalam beberapa waktu kedepan, dengan prinsip efektif dan efesien," kata Sekdakab. Solsel H. Yulian Efi

Percepatan untuk merasionalisasi anggaran itu, menurut Yulian Efi, sesuai dengan arahan Mendagri saat rapat koordinasi terkait persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020, melalui vidio conference, bersama seluruh Gubernur, Bupati/Wali Kota, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu se-Indonesia, Jumat (5/6/2020)

Baca Juga


Hadir saat vidcon yang di pimpin Sekadakab. Solsel H. Yulian Efi dia aula Tangsi Ampek itu, Ketua KPU Solsel, Nila Puspita, Ketua Bawaslu Solsel, M. Anshar, Kakan Kesbangpol, Suwirman, Kepala, BPKAD, Irwanesa dan Kadis Komimfo, Syamsurizal.

Jika rasionalisasi atau revisi anggaran sudah siap, maka Pemda Solsel sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian segera mencairkan naskah perjanjanjian hibah daerah (NPHD) untuk Pilkada Serentak 2020.

Selain itu, sambil menunggu terbitnya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Pusat, dalam beberapa waktu kedepan, pihak KPU juga telah dapat menyusun skenario lanjutan tahapan Pilkada yang tertunda agar dimulai 15 Juni ini.

Sedangkan untuk mendukung kesuksesan tahapan pilkada tersebut, pihak Kominfo telah siap membantu penyelenggaraan rapat, sosialisasi dan kegiatan lainnya, dengan teknologi informasi. Hal ini sesuai dengan kondisi saat ini yang masih dalam masa wabah Covid-19. Berikut untuk pelaksanaan tahapan dan lainnya oleh pihak KPU harus tetap mengacu protokoler kesehatan.

Secara umum Solsel optimis untuk pelaksaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilakda) serentak yang akan dilaksanakan 9 Desember 2020. Bahkan tahapan Pilkada yang sempat terhenti akan dilanjutkan lagi pada 15 Juni 2020 ini, juga sudah siap untuk di sukseskan, " demikian H. Yulian Efi. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru