Begini Rencana Pencairan BLT Kabupaten di Solok Selatan

EKONOMI-974 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

PADANG ARO - Penyaluran bantuan dampak Covid-19 yang disebut juga Batuan Lansung Tunai (BLT) Kabupaten Solok Selatan, Sumbar, untuk Keluarga Penerima Mamfaat ((KPM) baru pada tahap surat keputusan penetapan kuota pembayaran oleh Plt. Bupati. Solok Selatan. Sementara jadwal pembayarannya melalui pihak perbankan yang telah ditetapkan baru akan di mulai minggu depan atau hari Selasa (2/6).

Demikian dikatakan Kadis Sosial, PMD/N Solsel, Zulkarnaini, Selasa (26/5/2020).Ia menyebutkan, surat Bupati Solsel terkait penyaluran BLT Kabupaten sudah ditanda tangani, tinggal memberi nomor besok oleh Bagian Hukum Sekdakab. Solsel.

Dijelaskan Zulkarnaini, pihaknya baru saja selesai rapat dengan TKSK, PSM, Camat dan Ketua Forum Wali Nagari Solsel serta pihak Perbangkan, yang di pimpin Sekdakab. Solsel, H. Yulian Efi.

Baca Juga


Hasil rapat tadi telah ditetapkan, kuota Keluarga Penerima Mamfaat ((KPM) BLT Kabupaten akibat dampak Covid-19, berjumlah 17141 Kepala Keluarga (KK). Sedangkan penyalurannya sendiri dimulai pada hari Selasa (2/6/) minggu depan oleh pihak Bank Nagari yang ada di Solsel.

Penetapan penyaluran minggu depan, dikarenakan uang tidak tersedia sesuai kebutuhan saat ini oleh pihak bank. Maka disepakati, penyaluran BLT Kabupaten di mulai minggu depan, " kata Zulkarnaini.

Ditambahkan, Zulkarnaini didampingi Kabid Sosial, Andri Gustova, saat ini SK sudah ditanda tangani, selanjutnya di serahkan pada BPKAD melalui BPBD selaku OPD yang menangani masalah musibah Covid-19. Selesai di BPKAD dilanjutkan ke pihak Bank kemudian disalurkan pada 17141 KK sebagai Keluarga Penerima Mamfaat.

Sementara itu, pihak Bank Nagari di Solsel, sebagaimana dikatakan Pemimpin Cabang Bank Nagari Muara Labuh, Zul Fahmi tadi baru usai rapat final data penerima BLT dari Dinsos.

Selanjutnya melengkapi proses pencairan dana dari BPKAD, baru dilanjutkan ke pihak bank. Maka kita menargetkan prosesnya baru bisa di salurkan pada hari Selasa (2/6) minggu depan," terang Zul Fami.

Terkait kekurangan stock dana di bank, menurut Zul Fahmi pihaknya akan segera ambil droving dari Padang. Perlu di catat, penyaluran dana BLT Kabuapten ini tanpa ada jasa pembayaran. Artinya segala bentuk biaya dalam penyaluran nanti, adalag sumbangsi pihak Bank Nagari pada Pemkab. Solsel dan masyarakat, " tambah Zul Fami.

Sementara itu, Pemimpin Cabang Bank Nagari Lubuk Gadang, Hendri menjelaskan, seluruh pembayaran BLT Dana Kab. Solok Selatan dibayarkan Bank Nagari, diantara 3 Kecamatan melalui Cabang Muara Labuh dan 4 Kecamatan melalui Bank Nagari Cab. Lubuk Gadang. Dimana Bank Nagari sebagai juru bayar,sedangkan yang berhak menerima ditetapkan oleh Dinas Sosial Kab. Solsel," kata Hendri.

"Kita telah menyiapkan tem untuk penyaluran BLT Kabupaten, sebanyak tujuh (7) titik setiap harinya se-Solok Selatan, " kata Hendri.

Persoal dana, kita sudah pasti jamin ketersediaannya, tinggal penyerahannya saja sesuai data yang ditetapkan oleh pihak Dinsos, " tambah Hendri.

"Terkait untuk penyaluran dana ke tiga nagari sulit di Lubuk Ulang Aling, menurut Hendri pihaknya siap bersama pihak Pemkab. Solsel kesana. Artinya, jika data sudah falid, jadwal dan tempatnya sudah jelas. Kami selaku juru bayar akan menyerahkan saja, " demikian Hendri. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru