17 Nagari Telah Kucurkan BLT-DD di Solsel, 22 Lagi Siap Lebaran

Ekonomi-219 hit

PADANG ARO - Meski sudah berupaya maksimal untuk tuntaskan penyaluran Bantuan Lansung Tunai Dana Desa (BLT-DD) jelang Hari Raya Idul Fitri H, di Kecamatan Sungai Pagu, Solsel, Sumbar yang berjulah 11 Nagari, akhirnya terlaksana 10 nagari.

Sementara satu nagari yang belum bisa penyalurkan BLT-DD, yaitu Nagari Pulakek Koto Baru," kata Camat Sungai Pagu, Rolly Almar usai penyaluran BLT-DD di Nagari Sako Utara Pasir Talang, Jumat (22/5/2020)

Ia mengatakan dalam penyalurannya, BLT-DD, pihaknya tidak mengenal tanggal merah. Saat ada tanggal merah dan bisa melakukan distribusi, maka BLT-DD harus disalurkan.

Dijelaskan Rolly Almar, adapun rincian jumlah Keluarga Penerima Mamfaat (KPM), BLT-DD Nagari di Kecamatan Sungai Pagu antata lain, Bomas 194 KK, Pasir Talang Timur, 50 KPM, Pasir Talang 150 K, Pasar Muara Labuh, 144 KPM, Pasir Talang Selatan 106 KPM.

Berikutnya Nagari Koto Baru, 188 KPM, Sako Pasir Talang 143 KPM, Sako Selatan, 155 KPM dan Sako Utara 165 KPM. Sedangkan minus Nagari Pulakek yang belum bisa mencairkan dikarenakan ada perubahan maka tercatat penerimanya sebanyam 130 KPM, " tambah Rolly Almar.

Terkait saran dan harapan Rolly Almar pada masyarakat yang sudah menerima BLT-DD maupun BLT Provinsi sebaiknya di pergunakan untuk kebutuhan pokok dan menghindari pembelian baju dan lain sebagainya yang tidak begitu penting untuk kebutuhan keluarga.

Sementara itu, Wali Nagari Pulakek, Endi Triyoseva didampingi Ketua Bamus Nagari Doni Yendri, ditempat terpisah menjelaskan, bahwa penetapan penerima BLT-DD Nagari Pulakek sudah disepakati dalam Musyawarah Khusus Nagati setempat, Sabtu (16/5).

"Penetapan calon penerima BLT-DD telah disepakati dalam Musyawarah Khusus, dan ditarget pencairan siap lebaran, Selasa (28/5/2020), " kata Endi Triyoseva

Sedangkan Kabid Perintahan Nagari Dinas Sosial, PMD/N, Azwar menambahkan, dari total 39 Nagari yang ada di kabupaten berjuluk Nagari Saribu Rumah Gadang, tercatat yang telah menyerahkan BLT-DD nagari sebelum lebaran tahun ini berjumlah sebanyak, 17 nagari.

Sementara total Keluarga Penerima Mamfaat (KPM), dari BLT-DD Nagari hingga hari ini Jumat (22/5/2020) sebanyak 2360 KK dengan anggaran dana sebesar Rp. 2.591.400.000," terang Azwar.

Nahari yang belum menyerahkan tercatat juga beragam masalah, mulai dari APB perubahan yang belum siap, Perwana belum siap, dan mayoritas yang belum mencauran hanya terkait teknis penyaluran, " demimian Azwar. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru