Diduga Kontak Pasien Positif Covid-19 di Mentawai, 51 Penumpang dan ABK KMP Ambu-Ambu Dikarantina

KESEHATAN-5167 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

PADANG - Seluruh penumpang dan anak buah kapal (ABK) KMP Ambu-Ambu yang jumlahnya sebanyak 51 orang dikembalikan ke Padang dari Kepulauan Mentawai, Sumbar. Setelah mereka diduga kontak dengan salah satu pasien positif Covid-19 di Tuapeijat, Kepulauan Mentawai.

Sesampainya di Padang, Jumat pagi ini, ke-51 orang langsung menjalani dikarantina di Balai Diklat Kemenag RI Sumbar di kawasan Padang Baru, Padang. Kini, mereka juga menunggu hasil swap test yang sudah dilakukan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar di Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, Padang.

Untuk diketahui, sebagaimana dilansir mentawaikita.com, seluruh penumpang KMP Ambu-Ambu dan awak kapal yang datang Rabu (20/5/2020) pukul 24.11 WIB ke Pelabuhan Sikakap Kepulauan Mentawai tidak dibolehkan turun dari kapal.

"Dalam kapal KMP Ambu-Ambu yang datang sekarang diduga ada salah satu penumpang yang kontak dengan pasien positif Covid 19 di Tuapeijat, itu sebabnya seluruh penumpang dan awak kapal KMP Ambu-Ambu tidak diperbolehkan turun dari kapal," kata Fransiskus Sakaletuk, Ketua Satgas Pencegahan dan penularan Covid 19 Kecamatan Sikakap, Rabu (20/5/2020).

Fransiskus menyebutkan, sesuai dengan hasil koordinasi bersama tim Satgas Pencegahan Penularan Covid-19 Kecamatan Sikakap dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, semua penumpang akan dikembalikan ke Padang. "Setelah muatan kapal berupa tiang listrik diturunkan, KMP Ambu-Ambu langsung kita berangkatkan termasuk semua penumpang," katanya.

San Andi Iklas, Kepala Desa Sikakap, mengatakan barang berupa tiang listrik dan lainnya silakan diturunkan, tapi penumpang dan awak kapal KMP Ambu-Ambu tidak boleh turun. "Hal ini untuk antisipasi Penyebaran penularan virus Covid-19 di Kecamatan Sikakap, sekarang ini sudah banyak warga Desa Sikakap dan sekitarnya yang tahu ada salah seorang penumpang yang kontak langsung dengan pasien yang positif Covid-19 di Tuapeijat, supaya tidak ada pergerakan dari warga sesuai koordinasi kita dengan tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Kepulauan Mentawai seluruh penumpang yang datang sekarang dikembalikan ke Padang lagi," katanya. Editor/MR

Sumber: mentawaikita.com

Loading...

Komentar

Berita Terbaru