Putus Penyebaran Covid-19, Gugus Tugas Jaga Ketat Perbatasan Tanah Datar

KESEHATAN-995 hit

Penulis: Humas/AP | Editor: Marjeni Rokcalva

BATUSANGKAR - Selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Sumatera Barat tahap II diberlakukan, jalan masuk perbatasan Kabupaten Tanah Datar terus dijaga dan diawasi oleh petugas gabungan TNI, Polri, Dishub, Pol PP, Tenaga Medis dan PMI.

Petugas memberhentikan kendaraan yang masuk ke wilayah Tanah Datar untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan baik pengendara maupun penumpangnya.

"Posko perbatasan berperan penting mengawasi masyarakat yang masuk ke Tanah Datar, ini dilakukan mencegah penyebaran Covid-19," ujar Sekretaris Daerah Irwandi didampingi Kepala Bagian POD Herison dan Wakil Ketua II TP PKK Ny. Rina Irwandi, saat kunjungan posko perbatasan Tanah Datar - Kabupaten Lima Puluh Kota, di Pauh Tinggi Tanjung Bonai Lintau Buo Utara, Minggu (10/5/2020).

Tampak sebagian besar masyarakat melewati perbatasan sadar melaporkan dirinya ke posko perbatasan dari mana dan kemana tujuannya, masyarakat pun diminta menyampaikannya secara jujur ke petugas.

Untuk keamanan, Irwandi berpesan agar petugas dibekali Alat Pelindung Diri (APD). "Jika ada kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) yang dibutuhkan segera laporkan ke posko percepatan penanganan Covid-19 Tanah Datar, dan jaga terus kesehatan serta sinergitas sesama petugas," ujar Irwandi.

Sementara itu, seorang Tenaga Medis Rahmawati mengatakan petugas dibagi dua tim, tim pertama bertugas dari jam 8:30 Wib sampai jam 16:00 WIB, tim dua bertugas dari jam 16:00 WIB sampai 22.00 WIB.

"Kebetulan saya piket di tim I, diganti pada jam 4 sore, selama bertugas kami memastikan masyarakat yang masuk ke Tanah Datar dalam keadaan sehat, mengukur suhu panas dengan termogun, jika demam ia kami data dan melaporkannya ke bidan desa tujuannya," ujar Rahmawati.

Di perbatasan Tanah Datar terdapat 8 posko sub sektor transportasi yaitu di Puncak Alai, Pos Lantas Ombilin, Pasar Barulak Tj. Alam, Pauh Tinggi Tanjung Bonai, Sitangkai, Depan Polsek Padang Gantiang, Kubu Karambia Batipuh dan Baing Malalo. (Humas/AP)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru