Webinar Optimalisasi Pembelajaran Daring UNP Diikuti 1.259 Peserta dari Seluruh Indonesia

PENDIDIKAN-1576 hit

Penulis: ET | Editor: Medio Agusta

Universitas Negeri Padang Sabtu pagi ini (9/5) pukul 09.00 -- 12.30 wib melaksanakan seminar nasional secara daring (Webinar) yang bertemakan "Optimalisasi Pembelajaran Daring dalam Merdeka Belajar". Seminar nasional ini diikuti oleh sekitar 1.259 orang peserta yang berasal dari seluruh Indonesia dan ikut melalui video konferensi dan ikut melalui fasilitas siaran langsung melalui web unp.ac.id.

Lebih lanjut, Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. menjelaskan bahwa narasumber seminar nasional ini adalah Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., Rektor Universitas terbuka Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph,D., Guru Besar UI dan Direktur Eksekutif Ban PT : Prof. T. Basaruddin, M.Sc., Ph.D.

Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. dalam sambutan pada pembukaan seminar nasional tersebut mengemukakan bahwa seminar nasional ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2020 ini serta untuk meningkatkan pengembangan pembelajaran daring bagi dosen di seluruh Indonesia.

Baca Juga


"Di Universitas Negeri Padang pada semester ini bahwa sebanyak 72 persen dosen telah menggunakan pembelajaran daring melalui aplikasi e-learning UNP terkait dengan merdeka belajar yang diharapkan dapat dilaksanakan secara daring," jelas Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D.

Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. sangat mengapresiasi kebijakan Kemdikbud tentang Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang dapat mendorong kreativitas dosen dan secara khusus untuk mengembangkan pembelajaran daring.

Pada kegiatan seminar tersebut, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D. menjelaskan bahwa bahwa kegiatan pembelajaran daring dan pembelajaran jarak jauh sudah dimulai sejak tahun 1984, dan pada tahun 2000 dilanjutkan dengan seminar daring, tahun 2015 sudah ada SPADA Dikti, serta tahun 2019 dilaksanakan kerja sama dengan operator layanan internet.

Lebih lanjut, menurut Dirjen Dikti pada saat ini sudah berkembang SPADA Dikti yang dapat dimanfaatkan oleh perguruan tinggi di Indonesia untuk pembelajaran daring dan berdasarkan survei ternyata dalam waktu satu minggu pada masa pandemi Covid-19 ini telah meningkatkan adaptasi teknologi bagi perguruan tinggi dan dosen untuk melaksanakan pembelajaran daring.

Pada akhir paparannya, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., mengajak perguruan tinggi dan dosen seluruh Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pembelajaran daring pada masa yang akan datang karena pada masa pandemi Covid-19 ini kita membuktikan bahwa perguruan tinggi seluruh Indonesia telah mampu menunjukkan penguasaan teknologi untuk melaksanakan perkuliahan daring. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru