Bank Nagari Salurkan 100 Paket Sembako Bantu Warga Terdampak Covid-19 di Solsel

Ekonomi-147 hit

PADANG ARO - Bank Nagari Cabang Lubuk Gadang, Kabupaten Solok Selatan Sumbar menyalurkan 100 paket bantuan kebutuhan pokok bagi masyarakat terdampak pandemi korona (Covid-19) di daerah itu. Ratusan paket sembako tersebut diamanahkan ke pemerintah daerah setempat untuk didistribusikan ke masyarakat yang membutuhkan.

Prosesi penyerahan langsung oleh Pemimpin Bank Nagari Cabang Lubuk Gadang, Hendri kepada Plt Bupati Solsel, Abdul Rahman, Jumat (8/5/2020). Turut disaksikan Sekkab Solsel, Yulian Efi, Sekretaris BPBD Solsel Diki Nanda Utama dan sejumlah pejabat lainnya.

"Ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, serta bentuk wujud bersama melawan Covid 19," kata Hendri usai penyerahan bantuan tersebut.

Adapun bantuan yang diberikan lanjutnya, beras 150 kilogram, 1.500 butir telur, 1000 bungkus mie instan, 100 kilogram gula dan 100 kilogram minyak goreng. "Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban warga yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19," katanya.

Sementara, Plt Bupati Solsel Abdul Rahman dalam kesempatan yang sama mengucapkan terimakasih atas kepedulian Bank Nagari terhadap warganya di Solsel. Dampak pandemi sendiri menurutnya sudah sangat luar biasa termasuk mendera masyarakat Solsel.

Semoga saja bantuan ini, betul tersalurkan kepada yang berhak menerima, atau yang betul terdampak akibat penemu virus Corona ini, apalagi Solsel sudah ada tiga orang warganya positif Corong.

Saat ini sebut Plt, sedang disalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Provinsi untuk menyanggah ekonomi masyarakat Solsel dalam tiga bulan ke depan. Penyaluran dilakukan melalui Kantor Pos dan diantarkan langsung ke rumah para penerima

"BLT Provinsi menyasar sebanyak 3.463 Kepala Keluarga di Solsel. Bantuan berjumlah Rp 600 ribu/KK dan akan diberikan selama 3 bulan kedepan, terhitung bulan April, Mei, dan Juni. Tahap pertama diberikan bantuan selama 2 bulan sekaligus sebesar Rp 1,2 juta," sebut Rahman.

Dijelaskannya, bahwa dari skema berbagai bantuan yang ada, diperkirakan sebanyak 77 persen masyarakat dari total 49.689 data Kepala Keluarga di Solsel akan menerima bantuan. Baik bantuan dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten juga melalui dana nagari.

Pemkab dari APBD Kabupaten disiapkan bantuan untuk 16.666 KK dengan alokasi anggaran sebesar Rp 32,4 miliar. "Daerah juga telah mencadangkan bantuan melalui sembako yang saat ini ada di gudang Bulog serta bantuan lain, seperti dari Bank Nagari dan kemarin juga ada dari perusahaan Supreme Energy," paparnya. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru