PLN Pembangkit Ombilin Kembali Bantu Warga dan Kelompok Usaha Terdampak Covid-19

Ekonomi-148 hit

SAWAHLUNTO - PT PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Ombilin untuk kesekian kalinya kembali menyalurkan bantuan senilai Rp 131 juta sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi corona virus diseas covid-19 yang disalurkan melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UPK Ombilin, di Sijantang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Rabu (6/5).

Dana yang disalurkan itu diperuntukan bagi 130 Kepala Keluarga (KK) kurang mampu yang terdampak penanganan covid-19 asal Cina yang berada dilingkungan sekitar wilayah operasional PLTU Ombilin seperti, Desa Salak, Desa Sijantang Koto, Desa Talawi Hilie, dan Desa Talawi Mudiak, degan jumlah bantuan sebesar Rp 1 juta per kepala keluarga (KK).

Ketua Yayasan Baitul Maal Edison Hasmadi, mewakili Manager PT PLN UPK Ombilin Daryanto didampingi Manager Bagian KSA Ahmadi, kepada beritaminang.com Rabu (6/5) mengatakan, bantuan yang disalurkan tersebut sebagai bentuk empati para karyawan pembangkit listrik negara itu terhadap masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan terdampak penanganan covid-19.

Dengan adanya bantuan itu, pihak Yayasan Baitul Maal PLN UPK Ombilin dapat meringankan beban ekonomi masyarakat yang jatuh akibat terdampak penanganan penyebaran virus covid-19 secara nasional. Diharapkan bantuan hasil zakat karyawan BUMN ini mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari ditengah menghadapi puasa Ramadhan saat ini.

Edison Hasmadi menyebutkan, sumber dana bantuan yang disalurkan diperoleh dari hasil pengumpulan zakat 2,5 persen penghasilan karyawan PLN UPK Ombilin khususnya bagi yang beragama Islam. Hasil pengumpulan zakat inilah yang kemudian disalurkan dengan harapan manfaatnya dapat digunakan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari ditengah lesunya perekonomian saat ini.

"Saat ini kita semua tengah menghadapi ujian oleh Allah Yang Maha Kuasa. Sebagai umatnya yang memiliki rasa empaty terhadap saudaranya, maka disinilah kami harus hadir untuk saling berbagi menunjukan keprihatinan atas dampak mewabahnya covid-19 ini." Kata Edison, sebagaimana pesan yang disampaikan Manager PLN UPK Ombilin Daryanto.

Sementara itu Manager Bagian KSA Ahmadi memberitahukan, pada bulan ini juga PLN UPK Ombilin akan menyerahkan pula bantuan Program Corporate Social Responsbility (CSR) untuk modal pengembangan usaha ternak kambing Kelompok Tani (Poktan) Desa Sijantang senilai Rp 21 juta. Kemudian untuk usaha pencucian motor beberapa warga Desa di Desa Talawi Hilie senilai Rp 18 juta. Dengan demikian, total bantuan yang disalurkan kepada masyarakat dibulan ini berjumlah Rp 170 juta.

PLN UPK Ombilin sebagai sebuah korporasi strategis milik negara berharap dan mengajak masyarakat disekitar unit Operasional PLN bersama-sama secara berkesinambungan untuk selalu memperkokoh ikatan emosional dengan keluarga besar karyawan PLN UPK Ombilin. Mereka hanya mohon doa dan dukungan agar senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan untuk menjaga kehandalan operasional Unit Pembangkit Ombilin agar beroperasi optimal dalam memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat.

Ditambahkannya, sejauh PLTU Ombilin beroperasi dengan aman dan lancar pihaknya akan terus berusaha memberikan perhatian dan dukungan terhadap masyarakat dan pemerintah kota Sawahlunto. Sehingga terbangun sinergitas positif ditengah suasana lingkungan kerja yang aman dan kondusif. "Inilah tujuan utama yang kami bangun dengan masyarakat dan pemerintah" ucap Ahmadi.

Mewakili masyarakat bantuan diterima Kades Talawi Hilie Ferdian Irwan .Dia menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kepedulian PLN UPK Ombilin terhadap masyarakat khususnya bagi warga Desa Talawi Hilie dan masyarakat sekitar.

"PLN UPK Ombilin sangan sering menyalurkan bantuan kepedulian untuk masyarakat kami. Ini sangat membantu Pemdes dalam upaya meringankan beban kehidupan masyarakat, apalagi ditengah kondisi sulit akibat terdampak Covid 19 ini." ungkap Ferdian Irwan, sambil menghimbau warganya bijak memanfaatkan dana bantuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

"Sebagai representasi dari pemimpin masyarakat desa, saya berkomitmen untuk selalu memberikan dukungan terhadap keberlanjutan operasional PLTU Ombilin sebagai produsen setrum handal, sehingga yang menjalankan bisnisnya PLN diharapkan tak henti memberi perhatian terhadap lingkungan sekitar." tukuk Ferdian.

Sebelumnya PLN UPK Ombilin pada April lalu juga menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kota Sawahlunto untuk penanganan covid-19 sebesar Rp 54 juta ditambah bantuan masker dan drum cuci tangan. (iyos)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru