Begini Kronologi Satu Keluarga PDP Solsel Yang Dinyatakan Positif Covid-19

Kesehatan-724 hit

PADANG ARO - Terkait dengan terkonfirmasinya tiga orang warga Nagari Pakan Rabaa Tengah Kecamatan KPGD positi covid-19 dari hasil swab yang diperiksa laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang, pada 6 Mai 2020, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kab. Solok Selatan mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, serta jangan terlalu panik.

"Kita meminta masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dengan terus menerapkan protokol covid - 19, serta taat atas diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan jangan pula panik dengan terkonfirmasinya 3 orang warga Solsel, Covid - 19, " kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solsel, H. Novirman,didampingi Kabag Humas Solsel, Firdaus Dirman, Rabu (6/5/2020).

Saat ini pihaknya tengah melakukan tracking (penelusuran), terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan tiga (3) orang yang positif covid, apalagi salah seorang dengan inisial YT (55 thn) berprofesi sebagai guru.

Sudah barang dirinya telah melakukan kontak dengan berbagai pihak dalam kegiatan. Atau melakukan urusan kedinasan ke Disdik Pora Solsel atau ke UPTW Pendidikan KPGD dan berbagai masyarakat lainnya.

Lebih lanjut dijelaskan Novirman, YT bersama Ibu dan anaknya yang terkonfirmasi Covid itu, telah melakukan perjalanan dari Padang pada tanggal 18 April dengan tidak ada mampir dimanapun.

Namun pada tanggal 19 April 2020 , YT pergi ke Puskesmas Pakan Rabaa untuk berobat dengan keluhan batuk dan demam. Setelah diberi obat, lansung pulang. Akibat keluhan masih ada, pada tanggal 25/4, ibu guru YT ini kembali berobat ke IGD RSUD Solsel.

Di RSUD ini dilakukan pemeriksaan lebih inten termasuk pemeriksaan labor, hasilnya dinyatakan YT sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Karena sakitnya dianggap ringan, dan pasien disuruh pulang, " kata Novirman

Pada hari itu juga oleh petugas medis yang bertanggung jawab melakukan pengawasan melakukan Rapid Test terhadap YT, dan hasilnya negatif," tambah Novirman yang juga Kadis Kesehatan Solsel itu.

Kemudian pada tangg 26 April, suami YT, DA datang ke Puskesmas untuk meminta tambahan obat batuk untuk YT. Kemudian padan tanggal 30/4, diperiksa swab YT bersamaan dengan dua keluarganya.

Kemudiaan bersamaan dengan pelaksanaan pool test yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solsel, pengambilan Swabnya (YT-red), bersamaan dengan yang lainnya yang berjumlah sebanyak 109 orang dikirmlah ke Padang, " terang Novirman.

Oleh karena hasilnya positif, maka pihak gugus Covid-19 Sols melakukan Traking terhapat YT ini saat di RSUD, diantara yang telah dilakukan pengambilan swab di rumah sakit itu sebanhak 17 orang. Dilanjutkan hari ini pengambilan swab terhadap tenaga medis di Puskesmas Pakan Rabaa serta keluarga YT," tambah Novirman.

Artinya pihak Dinas Kehatan tetap akan melakukan traking atas YT dengan dukungan dari pihak TNI dan Polri, sehingga hasilnya akan dapat mendeteksi penyebaran virus itu sendiru.

Ditambahkan Novirman, pihaknya sangat berharap pada semua masyarakat untuk dapat mendukung pemutusan penyebarasan virus Corona ini dengan memberikan keterangan sejujur-jujurnya, jika ada sanak famili yang baru saja datang dari Zona merah, dan harus berkoordinasi dengan Pemerintahan Nagari, tenaga kesehatan di nagari dan kecamatan, " haral Novirman.

Terkait dengan traiking ini, kita berharap agar masyarakat yang pernah kontak dengan YT maupun dengan Ys (80, perempuan) yang merupakan ibu dari Yt, serta , AA (18, Laki-laki) yang merupakan anak dari Yt, untuk segera melaporkan diri pada tenaga kesehatan, " demikian Novirman.

Sedangkan tim Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solse, pada hari ini akan membawa tiga orang yang terkonfirmasi Covid-19 itu untuk di inapkan di BPSDM (Balai Dilat Padang-red) dua orang, YT dan AA. Sedangkan Ys (80, perempuan), karena ada penyakit penyerta akan di inapkan di Rumah Sakit Semen Padang, " terang H. Novirman.

Guna membawa tiga orang yang terkonfirmasih Covid-19 di Jorong Batang Limpauang, Nagari Pakan Rabaa Tengah Kecamatan KPGD, pihak gugus akan dibantu oleh anggota TNI dan Polri, "demikian Novirman. AA

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru