Donatur Salurkan Bantuan 470 Paket Sembako Lewat BAZNAS, Berkat Lobby Wako Riza

PEMERINTAHAN-697 hit

Penulis: Med | Editor: Medio Agusta

PAYAKUMBUH - Bukan Wali Kota namanya kalau tidak memiliki kemampuan melobby. Ditengah wabah Virus Corona ini apalagi, dukungan untuk meringankan beban dan dampak ekonomi masyarakat akan menjadi energi tambahan bagi roda kehidupan.

Berkat Lobby Wali Kota Riza Falepi, Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kota Payakumbuh mendapatkan donasi sebesar Rp. 50 Juta dari orang yang terbilang berada (kaya-red) di Payakumbuh untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pada Rabu (6/5) bantuan sebanyak 470 Paket sembako diserahkan secara simbolis kepada perwakilan kecamatan di Aula Dinas PUPR Kota Payakumbuh. Hadir Wali Kota Riza Falepi didampingi Kadis PUPR Muslim dan Kabag Kesra Ul Fakhri, sementara Ketua BAZNAS Buya Mismardi, BA bersama Perwakilan Kemenag, dan Perwakilan Mui.

Baca Juga


Buya Mismardi BA mengapresiasi perhatian wali kota kepada masyarakat, tak hanya mengandalkan anggaran daerah saja, Wako Riza dinilai mampu menggaet kepedulian para tokoh sehingga ada yang membantu pemerintah dengan bantuan secara swadaya atau pribadi yang disediakan bagi masyarakat terdampak Wabah Covid-19.

"Kebijaksanaan wali kota yang telah menggugah rasa empati donatur. Orang kaya yang katanya enggan disebutkan namanya kepada media tersebut menyediakan dana yang dikirim ke rekening BAZNAS sebagai zakatnya, dan kita di BAZNAS mendistribusikan kepada warga terdampak Covid-19 dalam bentuk paket sembako, ada beras 5Kg, 1 kaleng sarden, dan minyak goreng 2 liter," terang Mismardi BA.

Wali Kota Riza Falepi mengatakan menjaga kepercayaan adalah hal yang paling berat, Wako berpesan kepada Kabag Kesra agar jangan terlalu lama setelah acara ini segera melaporkan kepada donatur yang memberikan bantuan, karena di BAZNAS sendiri mekanismenya sudah berjalan. Dana donatur ini disalurkan melalui BAZNAS karena memang inilah saluran yang resminya.

"Kepada yang menerima (Mustahik) kita berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, karena itu yang bisa kita bagikan saat ini. Kami juga berikan apresiasi kepada BAZNAS sebagai lembaga resmi, juga kepada donatur dan seluruh pihak kami ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya," kata Riza Falepi.

Tak hanya sampai disini, Baznas Kota Payakumbuh juga telah menyediakan dana kurang lebih Rp. 500 juta yang siap dibagikan kepada 1400 KK dalam bentuk amplop berisi yang tunai Rp. 400.000.

"Saat ini kita tengah menyusun data, dalam minggu ini akan kita salurkan bantuan bukan berupa sembako, insyaallah ada bantuan uang tunai dari BAZNAS, karena ini adalah program tahunan kita yang dilaksanakan tenaga survey baznas, dan dilaporkan kepada Wali Kota. Hanya saja situasi berubah karena adanya wabah Corona, jadi penerimanya kita khususkan mereka yang terkena dampak wabah ini," pungkas Buya Mismardi yang juga Ketua MUI Payakumbuh. (Med)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru