Libatkan Berbagai Unsur, Nagari Bomas Solsel Proaktif Mendata Penerima Bansos

Ekonomi-144 hit

PADANG ARO - Pendataan Calon Penerima Bantuan Langsung Tunai melalui Dana Desa/Nagari dan juga APBD Kabupaten terus berlangsung di berbagai nagari di Solok Selatan. Sedangkan usulan data calon penerima bantuan dari Kemensos serta propinsi sudah diberikan beberapa waktu lalu kepada pihak terkait

Seperti halnya di Nagari Bomas Koto Baru, Kec. Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Sumbarr, pendataan di lapangan melibatkan Unsur Bamus, Lembaga Nagari, Bhabinkamtibmas, Babinsa Serta Perangkat Nagari Dengan Basis Data Di Jorong-jorong yang ada.

"Semoga tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat Yang Benar2 Pantas menerima,serta dapat membantu meringankan beban sosial ekonomi Akibat dampak bencana Virus Corona Disease (Covid 19), " terang Wali Nagari Bomas Koto Baru Yuli Herman, Minggu (3/5/2020)

Saat ini menurut Pj Wali Nagari Bomas Koto Baru Yuli Herman, berdasarkan Basis Data Terpadu atau yang sekarang dikenal dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebanyak 220 KK tercatat sebagai penerima BPNT dan PKH.

Selanjutnya diusulkan 209 KK untuk Calon Penerima dana Pusat. Untuk Dana Propinsi 96 KK, dana APBD Kabupaten sebanyak 327 KK, kemudian Dana Desa 30% dari DD Bomas sebanyak 194 KK.

Senin (4/5/2020) menurut Wali tersebut diadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) guna melakukan merumuskan Anggaran perubahan nagari, dimana sebagian dana yang ada akan dialokasikan untuk kegiatan penanganan Covid, termasuk alokasi dana untuk BLT tersebut

Musrenbangdes menurutnya juga akan membahas finalisasi usulan data-data yang akan dikirimkan sebagai penerima Bantuan Sosial dari Kabupaten serta BLT Nagari

Peserta Musrenbangdes sendiri akan diikuti oleh pihak kenagarian dan jorong, Bamus, serta unsur masyarakat yang terdiri dari perwakilan tokoh adat, tokoh agama, tokoh pendidikan, kelompok tani, dan perwakilan unsur lain.

Pelaksaan Musrenbangdes tersebut diwajibkan memenuhi protokol kesehatan, diantaranya menjaga jarak, menggunakan masker, dan lainnya. (AA)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru