Dekan FKM Unand dan Mayoritas Bupati Walikota Rekomendasikan Perpanjang PSBB di Sumbar

Kesehatan-326 hit

PADANG - Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas Padang, Defriman Djafri, S.KM., M.KM., Ph.D merekomendasikan dilakukan perpanjangan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Provinsi Sumatera Barat. Bahkan, ahli epidemiologi ini menyarankan pelaksanaan PSBB berlangsung selama satu bulan hingga akhir lebaran Ied Fitri 1441 H mendatang.

Rekomendasi ini disampaikan Defriman dalam wawancara online dengan wartawan di Padang via aplikasi daring yang dikakukan IJTI Sumbar, Sabtu (2/4/2020).

Rekomendasi ini disampaikannya, sebut Defriman, berdasarkan atas tiga indikator utama yang belum ada kemajuan sama sekali dalam mengatasi epidemi satu penyakit, dalam hal ini pemutusan rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) yang saat ini terjadi di Provinsi Sumbar.

Indikator itu, sebutnya, pertama tentang enam item dalam PSBB yang belum dilaksanakan dengan baik dan maksimal. Kedua, belum adanya penurunan kasus positif Covid-19 dan ketiga, masih terjadi penyebaran kasus positif ke area/wilayah baru.

"Seharusnya pemberlakuakan PSBB, memperlihatkan kemajuan dalam ketiga item tersebut. Tapi ini malah sebaliknya," sebutnya.

Dalam kesempatan terpisah Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, juga mengakui pelaksanaan PSBB belum optimal dan masih belum ada perbaikan yang siginifikan terhadap pola warga dalam menaati protokel kesehatan dalam 6 item pembatasan PSBB.

"Bahkan ada yang tidak peduli atas semua ini, seperti masih ada warga yang berkumpul dan tidak memakai masker bila keluar rumah," tegas Wagub.

Nasrul juga menyebutkan, dari hasil rapat koordinasi soal evaluasi pelaksanaan PSBB di Sumbar beberapa waktu lalu yang dipimpin langsung Gubernur Irwan Prayitno, sebagian besar bupati dan walikota setuju dilakukan perpanjangan PSBB di Sumbar.

"Tapi semua ini akan disepakati tanggal 5 Mei mendatang saat dilakukan kembali rapat evaluasi bersama seluruh bupati dan walikota. Hari itu pula akan diumumkan gubernur tentang perpanjangan ini," ujar Nasrul. MR

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru