Pemkab Solok Siapkan Tiga Lokasi Karantina Perantau Cegah Covid-19

PEMERINTAHAN-549 hit

AROSUKA - Bertempat di rumah Dinas Bupati, Pemkab Solok melaksanakan video conference dengan Gubernur Sumatera Barat mengenai penanganan Covid-19 disumbar pada hari Kamis (9/4/2020). Dalam Video Conference tersebut juga tampak Wagub Nasrul Abit serta Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Toni Hermanto, kemudian diikuti juga Kajati Sumbar.

Sedangkan Pihak Pemerintah Kabupaten Solok dihadiri langsung oleh Bupati Solok Gusmal, Kapolres Solok Arosuka AKBP Azhar Nugroho, serta Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, kemudian diikuti juga oleh Asisten I Edisar dan Kepala Kejaksaan Negeri Solok Donny Haryono Setyawan, serta Ketua Pengadilan Negeri Solok Fauzi Isra, Kepala Kantor Kesbangpol Junaidi, Ketua Baznas Sukardi, Ketua MUI H. Syahrul Wirda dan Kakamenag Kab. Solok H. Alizar Chan serta Ketua Pengadilan Agama Muhammad Fauzan.

Didalam Video Conference tersebut Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengarahkan kepada semua kabupaten/kota yang ada di Sumbar, dengan mengatakan bahwa kita dalam hal ini ialah membahas pengawasan diantaranya, membahas para pendatang ke Sumbar, penanganan ODP, persiapan karantina mandiri di kota / kabupaten, penanganan dampak sosial ekonomi. Kemudian yang terakhir kita juga membahas tentang anggaran dan pedampinganya, jelas Gubernur Sumbar.

Baca Juga


Kemudian Gubernur juga menjelaskan bahwa kebijakan-kebijakan tentang Covid-19, baik yang diambil oleh pemerintah pusat sampai provinsi dan juga kabupaten/kota, ternyata belum sampai pesannya kepada masyarakat secara maksimal.

Untuk itu, Gubernur berharap penuh kepada peran bupati dan walikota se-Sumbar, agar melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, karena kepedulian bupati dan walikota sangat dibutuhkan sekali dalam penanganan Covid-19 ini.

Bupati Solok Gusmal, dalam Video Conference dengan Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat juga menjelaskan langkah dan upaya yang akan dilaksanakan maupun yang sudah dilakukan oleh Pemkab Solok kepada Gubernur Sumbar, diantaranya adalah :

Pembentukan Karantina ODP dan Covid-19 ringan di kab. Solok Bupati menjelaskan bahwa data Kabupaten Solok pada hari ini untuk ODP berjumlah 100 orang dan PDP sebanyak 1 (satu) orang yang secara kurva masih menunjukan kenaikan.

"Untuk itu Pemerintah Kabupaten Solok dalam rangka penanganan dan antisipasi penyebarluasan Pandemik Covid-19 ini, pihak Pemkab Solok akan melakukan karantina lokal, yang mana..? Tujuan dari karantina lokal ini adalah untuk isolasi terhadap masyarakat yang berstatus ODP dan perawatan pasien PDP," jelas Bupati Solok saat melakukan Video Conference dengan Gubernur Sumbar.

Selanjutnya Bupati juga menjelaskan bahwa untuk lokasi karantina ini dipersiapkan tiga lokasi dengan kapasitas 114 orang yakni, di Alahan Panjang resort kapasitas 34 orang, Panti Andam Dewi di Sukarami dengan kapasitas 40 orang dan Gedung Pemuda Lubuk Selasih dengan kapasitas 40 orang.

"Untuk Andam Dewi di Sukarami dibawah naungan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat dan Gedung Pemuda dibawah naungan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumbar karena kedua tempat tersebut adalah aset Pemerintah Provinsi Sumbar, kemarin pihak Pemkab Solok sudah mengajukan permohonan peminjaman ke dua aset ini, guna untuk karantina lokal di daerah Kabupaten Solok," kata Bupati Solok Gusmal. SISKA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru