Cegah Covid-19, Musrenbang RKPD Kota Pariaman 2021 Digelar Lewat Vicon

PEMERINTAHAN-636 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

KOTA PARIAMAN - Bappeda Kota Pariaman mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tingkat Kota Pariaman Tahun 2021 secara online melalui teleconference, yang diikuti oleh seluruh OPD yang ada dilingkungan pemerintahan kota pariaman dan Bappeda Provinsi Sumatera Barat Bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kota Pariaman Kamis (9/4/2020), yang dibuka secara langsung oleh Walikota Pariaman Genius Umar. Musrenbang RKPD adalah merupakan tahapan akhir dari rangkaian kegiatan dalam penyusunan RKPD Kota Pariaman Tahun 2021.

"Dikarenakan pandemi covid-19 saat ini semakin meluas di Sumatera Barat, dan dalam rangka pencegahannya, maka Musrenbang ini tidak bisa dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya, yang dilakukan di aula atau gedung pertemuan, itu sebabnya Musrenbang ini dilaksanakan melalui video conference (vicon), sesuai dengan edaran dari menteri Dalam Negeri Nomor 440/2552/SJ , tanggal 23 maret 2020 yang ditujukan kepada Gubernur/Bupati, dan Walikota di seluruh Indonesia, agar Musrenbang ini tetap dilaksanakan dengan tidak melibatkan peserta yang banyak, akan tetapi bisa dilakukan dengan menggunakan fasilitas tekhnologi informasi dan komunikasi atau interaksi secara online", terang Walikota Pariaman Genius Umar.

Musrenbang tingkat kota yang kita laksanakan hari ini memiliki peran strategis dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kota Pariaman untuk tahun berikutnya, karena rangkaian kegiatan ini berfungsi sebagai konsultasi publik untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan dari masyarakat melalui setiap tahapan Musrenbang.

Baca Juga


Saya meminta melalui pelaksanaan Musrenbang RKPD Kota Pariaman tahun 2021 ini, diharapkan dapat mengutamakan penyediaan peralatan dan perlengkapan kesehatan untuk mencegah covid-19 ini, agar kita semua siap menghadapi setiap ancaman terhadap kesehatan warga.

Selain itu kami juga meminta dirumuskan program kegiatan yang bisa membuka lapangan kerja, membantu masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan dan hampir miskin, serta diprioritaskan juga untuk pendidikan anak-anak yang ingin kuliah tetapi orang tua mereka yang tidak mampu untuk menyekolah mereka karena kondisi seperti ini, maka subsidi kita untuk pendidikan tersebut juga harus ditingkatkan, sesuai dengan program satu rumah satu sarjana yang selama ini sudah kita lakukan.

Jadi kami meminta kepada semua perangkat daerah, agar penganggaran tahun 2021 diprioritaskan dan diarahkan kepada, memperbanyak kegiatan padat karya di setiap desa/kelurahan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing wilayah kecamatan dan desa/kelurahan, menggerakan ekonomi masyarakat dengan upaya memberikan bantuan permodalan dengan syarat dan ketentuan yang berlaklu, dan memberikan bantuan uang tunai kepada warga miskin yang terdampak covid-19 jika diperlukan.

Semoga apa yang menjadi keinginan kami ini dapat terealisasi tentu saja dengan bantuan saran dan kritikan dari peserta Musrenbang online ini, karena saran dan masukan dari anda semua merupakan bahan bagi kami untuk menyempurnakan rancangan RKPD Kota Pariaman tahun 2021 ini, harap Genius Umar, ketika membuka secara resmi Musrenbang RKPD Kota Pariaman Tahun 2021. (Desi/Editor)

Sumber: MC Kota Pariaman

Loading...

Komentar

Berita Terbaru